Text
Penerapan Metode Group Discussion Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas V SDN Ngronggo I Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014
ABSTRAK
FITRI PRASETYANINGRUM, Dosen Pembimbing Wahidul Anam, M.Ag. dan Zaenal Fanani, M.Pd.I.: dengan judul “Penerapan Metode Group Discussion Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas V SDN Ngronggo I Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013-2014” Program Studi Guru Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Kediri.
Kata Kunci: Metode Group Discussion, Meningkatkan Prestasi Belajar PAI.
Berdasarkan pengalaman peneliti melakukan observasi pada saat pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) para siswa kelas V di SDN Ngronggo I, mereka merasa kesulitan dalam menangkap materi dari guru tersebut yang hanya berceramah dan bercerita saja ketika mengajar, sehingga masih banyak siswa yang mendapat nilai biasa-biasa saja ketika ujian berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Dibuktikan dengan nilai siswa yang terdapat pada pra siklus yang mendapatkan nilai dibawah KKM adalah 29 orang anak dan yang sudah mencapai KKM ada 9 anak. Untuk mengatasi tersebut peneliti mencoba menggunakan strategi belajar yang berbeda dari biasanya yang menurut asumsi peneliti akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, metode tersebut Group Discussion . Dengan menerapkan metode Group Discussion dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Ngronggo I Kota Kediri.
Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas V SDN Ngronggo I yang jumlah siswanya ada 38 anak. Tehniknya dengan menggunakan Penelitian tindakan kelas yang menggunakan 3 siklus.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan metode group discussion dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI di SDN Ngronggo I Kota Kediri berjalan dengan baik dan terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pasca penerapan hingga 25-30% dari hasil belajar sebelum diterapkan metode tersebut. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode group discussion dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI di SDN Ngronggo I Kota Kediri benar-benar dapat dirasakan kelebihan yang dialami setelah diterapkannya metode tersebut, baik oleh siswa kelas V SDN Ngronggo I dan semua dapat mengatasi factor penghambat metode group discussion yang diterapakn oleh guru pendidikan agama Islam.
Tidak tersedia versi lain