Text
Penerapan Metode Talking Stick (Tongkat Berbicara) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 7 Kota Kediri
ABSTRAKSI
BINTI NURUN NI’MAH, Dosen Pembimbing : Drs. MOH. IRFAN BURHANI, M.Psi. dan NINIK ZURAIDAH, M.Si.: Penerapan Metode Talking Stick (Tongkat Berbicara) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 7 Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2013.
Kata Kunci: Metode Talking Stick (Tongkat Berbicara), Pendidikan Agama Islam kelas VIII D SMP, Prestasi Belajar Siswa
Pendidikan Agama Islam di sekolah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasalahan, seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian ”pengetahuan tentang Agama Islam.” Mayoritas metode Pembelajaran Agama Islam yang selama ini lebih ditekankan pada hafalan, akibatnya siswa kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam materi PAI yang menyebabkan tidak adanya peningkatan prestasi siswa pada materi PAI. Selain itu sebagian besar teknik dan suasana pengajaran disekolah-sekolah yang digunakan para guru kita cenderung monoton dan membosankan, sehingga menurunkan prestasi belajar siswa. Padahal siswa kelas VIII D menginginkan metode yang menyenangkan. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan metode Talking Stick (Tongkat Berbicara). Karena dengan metode Talking Stick (Tongkat Berbicara) ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan penggunaan Talking Stick (Tongkat Berbicara) ini diharapkan agar materi pelajaran PAI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penerapan metode Talking Stick (Tongkat Berbicara) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII D di SMP Negeri 7 Kediri?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai guru sementara dan guru PAI sebagai Collaborator (Pengamat). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus (Siklus I dan Siklus II) dengan tahapan: Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Kota Kediri. Subjek penelitian adalah kelas VIII D yang memiliki 28 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis One-Way ANNOVA dengan SPSS versi 20.
Dari hasil analisis data diperoleh ketuntasan siswa meningkat. Pada prasiklus siswa yang tuntas hanya 6 siswa dari 28 siswa dengan nilai rata-rata 54, 29. Pada siklus I siswa yang tuntas 15 siswa dari 28 siswa dengan nilai rata-rata 72, 32. Pada siklus II siswa yang tuntas adalah 28 siswa dari 28 siswa dengan nilai rata-rata 83, 93. Dari peningkatan rata-rata tersebut, maka penggunaan metode Talking Stick (Tongkat Berbicara) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMPN 7 Kota Kediri pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain