Text
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Student Team Achievement Division Siswa Kelas V SDN Pandansari 2 Purwoasri Kediri
ABSTRAK
ALFI MUFLIHATIN, Dosen Pembimbing Dr. MUKHAMAD ABDULOH, M.Ag dan SALMA TSUNAIYAH, M.Pd “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Student Team Achievement Division Siswa Kelas V SDN Pandansari 2 Purwoasri Kediri” Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Student Team Achievement Division (STAD)
……………..
Untuk mencapai hasil yang optimal seorang anak memerlukan motivasi dalam pembelajaran . Pemberian motivasi oleh keluarga,lingkungan serta sekolah dapat meningkatkan penguasaan anak dan stimulus dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini upaya meningkatkan motivasi belajar tentu memiliki peranan yang tidak kecil bagi perkembangan anak didik khususnya anak usia dini. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar Motivasi belajar Anak melalui Cooperative Learning Kepala Bernomor Kelompok B di TK Kusuma Mulia di Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas kelompok B-1 TK Kusuma Mulia Wonorejo Ngadiluwih Kediri dengan jumlah siswa 14 anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus,yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, lembar kreatifitas anak dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, lembar kreatifitas anak, wawancara dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif pada setiap siklusnya.
Dari hasil pengamatan sikap sesuai dengan indikator pada siklus II menunjukkan penskoran 436 siswa sangat antusias, aktif, dan tidak tekun dalam mengerjakan tugas dalam memahami materi yang diajarkan dengan menggunakan metode Numbered Head (Kepala Bernomor) sesuai kategori tinggi. Jadi dapat diketahui bahwa data hasil pengamatan sikap terutama pada tanggung jawab terhadap tugas serta tekun mengerjakan tugas pembelajaran mengalami peningkatan dari pra siklus 319 mengalami peningkatan 22 menjadi 341 pada siklus I, sampai pada siklus II meningkat 95 menjadi 436.
Tidak tersedia versi lain