Text
Problematika Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode ‘Usmani Tahun 2014 studi di Pondok Pesantren Nurul Iman Tawangsari Garum Blita
ABSTRAK
Nurul Azizatul Ula, 2014. Dosen Pembimbing Wahidul Anam, M. Ag. dan Saifullah, M. Ag.: Problematika Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode ‘Usmani Tahun 2014 studi di Pondok Pesantren Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: metode ‘Usmani, pembelajaran Al-Qur’an.
Metode ‘Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah metode yang menggabungkan antara tiga metode, yaitu metode Riwa>yah, metode Dira>yah, dan metode belajar membaca Al-Qur’an, yang disusun dalam sebuah rangkaian materi yang mudah untuk digunakan belajar membaca Al-Qur’an bagi semua kalangan. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya metode dan strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Problematika pembelajaran metode ‘Usmani dalam proses pembelajaran Al-Qur’an diharapkan guru dapat mengetahui kendala yang menghambat dalam proses pembelajaran dan adanya tuntutan untuk mencari solusinya. Untuk mengetahui adanya problematika pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ‘Usmani di Pondok Pesantren Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ‘Usmani di Pondok Pesantren Nurul Iman Garum Blitar. Apa saja problem yang timbul dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ‘Usmani di Pondok Pesantren Nurul Iman Garum Blitar. Bagaimana solusi atau upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ‘Usmani di Pondok Pesantren Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus serta teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ‘Usmani di Pondok pesantren Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar sudah memenuhi target pembelajaran metode ‘Usmani. Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran Al-Qur’an metode ‘Usmani di Pondok Pesantren Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar, diklasifikasikan menjadi dua faktor yaitu faktor intern (yang timbul dari peserta didik) dan faktor ektern (yang timbul dari guru/pengajar). Dan menuntut untuk dicarikan solusi supaya pembelajaran menjadi lebih efektif dan berjalan lancar. Solusi yang digunakan untuk meminimalisir kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ‘Usmani adalah pengelompokan santri sesuai dengan kemampuaanya, menerapkan aturan pembelajaran dengan sistem “belajar sesuai dengan kesiapan dan keampuan santri,” mengadakan sistem drill (banyak latihan membaca dan menghafal), memberikan tugas rumah (PR), mengadakan pendalaman di luar jam belajar, dan mengadakan pertemuan dengan orang tua. Untuk faktor ekstern, mengadakan program Hallaqah Mu’alimul Qur’an (HMQ), jurnal guru dan program Pendidikan Tartil Qur’an Metode ‘Usmani (PTQMU).
Tidak tersedia versi lain