Text
.:Upaya Guru Fiqh dalam Mengelola Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTsN Tanjunganom Tahun 2014
ABSTRAKSI
EFRIDA LIANA SURYANI, Dosen pembimbingWAHIDUL ANAM. M, Ag dan SAIFULLAH, M.Ag.:Upaya Guru Fiqh dalam Mengelola Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTsN Tanjunganom Tahun 2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: manajemen kelas, motivasi belajar.
Pada umumnya siswa MTsN Tanjunganom dalam keseharian belajar mereka di sekolah sangat termotivasi dan semangat dalam pembelajaran, sehingga hal tersebut berdampak terhadap prestasi belajar mereka selama mengikuti pelajaran di kelas. Selain itu pada mata pelajaran fiqh mereka terlihat sangat senang dikarenakan guru bidang studi mengelola manajemen kelas dengan baik dan menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran yang membuat siswa tidak bosan dan tidak jenuh. Di mana sekarang ini siswa juga menganggap mata pelajaran fiqh tidak penting. Sehingga perlu seorang guru harus mampu mengelola manajemen kelas yang baik dengan tujuan agar anak-anak lebih aktif, semangat, dan termotivasi dalam belajar khususnya dalam mata pelajaran Fiqih. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru fiqh dalam mengelola manajemen kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Tanjunganom tahun 2014? 2) Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat upaya guru fiqh dalam mengelola manajemen kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Tanjunganom tahun 2014?.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data yang tidak tertulis. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, 1)Upaya guru fiqh dalam mengelola manajemen kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ini ada beberapa kegiatan, di antaranya adalah pengelolaan fisik dan pengelolaan siswa. Pengelolaan fisik meliputi: rolling tempat duduk dan formasi tempat duduk seperti (sejajar, O, U, dan V), pengelolaan sarana dan prasarana, pengaturan kebersihan dan keindahan kelas. Sedangkan pengelolaan siswa meliputi: pengaturan organisasi kelas, dan pengontrolan terhadap kedisiplinan guru dan siswa, dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran. 2)Faktor pendukung guru fiqh dalam mengelola manajemen kelas
adalah: sarana dan prasarana, manajemen kelas dan siswa, dan lingkungan sekitar. Sedang faktor yang menghambat upaya guru fiqh dalam mengelola manajemen kelas adalah: adanya siswa yang ramai atau jahil, dan kurang serius menganggap pelajaran yang disampaikan tidak penting.
Tidak tersedia versi lain