Text
Upaya Pengasuh Dalam Menananamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kota Kediri),
ABSTRAK
Ni’mal Chala, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Munifah, M.Pd dan Dra. Fartika Ifriqia, M.Pd : Upaya Pengasuh Dalam Menananamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kota Kediri), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Upaya Pengasuh, Nilai-Nilai Pendidikan Islam
Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam merupakan suatu kegiatan yang mengarahkan perkembangan seseorang agar sejalan dengan nilai–nilai Islam. Penanaman nilai–nilai pendidikan Islam tidak terlepas dari adanya sebuah tujuan, yang mana dalam menanamankan nilai-nilai pendidikan Islam tentu dibutuhkan metode yang sesuai dengan nilai-nilai yang disampaikan. Dengan harapan akan memperoleh konsep diri yang baik serta menjadi insan kamil melalui penanaman nilai–nilai agama yang ditanamakan dalam kesehariannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja nilai–nilai pendidikan Islam yang ditanamamkan pada anak asuh di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kota Kediri. 2) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kota Kediri. 3) Apa saja faktor yang menghambat dalam penanaman nilai–niai pendidikan Islam di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kota Kediri.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kulalitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa upaya pengasuh dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di panti asuhan Putri Muhammadiyah Kota Kediri adalah 1) Menanamankan nilai tauhid, nilai ibadah, nilai akhlak untuk anak asuh. 2) Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak asuh di panti asuhan Putri Muhammadiyah Kota Kediri adalah dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, hukuman, dan juga praktek dengan melakukan kegiatan-kegiatan di luar panti, baik kegiatan keagamaan maupun kegiatan ekstra. 3) Faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak asuh di panti asuhan Putri Muhammadiyah Kota Kediri disebabkan adanya perbedaan karakteristik anak asuh serta kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua.
Tidak tersedia versi lain