Text
Prestasi Belajar PAI Tentang Nama dan Tugas Malaikat Allah Melalui Metode Card Sort di Kelas IV-A SDN Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
AMALUS SHOLIKHAH, Dosen Pembimbing Dr. Muawanah, M.Pd dan Dr. H. Ilham Tohari, M.HI.: Prestasi Belajar PAI Tentang Nama dan Tugas Malaikat Allah Melalui Metode Card Sort di Kelas IV-A SDN Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Card Sort, Prestasi Belajar
Tingkat prestasi belajar siswa salah satu masalah pokok dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran, sehingga prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tentang nama dan tugas malaikat Allah juga ikut rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Sehingga perlu adanya metode yang tepat untuk bisa meningkatkan prestasi belajar sesuai dengan standar yang ditentukan. Berawal dari pemikiran tersebut, peneliti tertarik unutk mngadakan penelitian mengenai: Peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tentang nama dan tugas malaikat Allah melalui strategi pembelajaran Card Sort pada siswa kelas IV-A SDN Kapas Kecamatan Kunjang tahun ajaran 2013/2014 dengan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimanakan penerapan metode Card Sort untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV-A SDN Kapas Kecamatan Kunjang tahun pelajaran 2013/2014. 2) Bagaimanakan peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV-A SDN Kapas Kecamatan Kunjang tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan metode Card Sort.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh unutk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan pengukuran tes hasil belajar. Penelitian dimulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Dalam rancangan penelitian tindakan kelas di setiap siklusnya terdiri dari empat tahab, yaitu: perencanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode card sort pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV-A SDN Kapas mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan/ menuntaskan prestasi belajar peserta didik. (2) Peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV-A SDN Kapas peserta didik dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode card sort. Dengan metode ini guru mudah merangsang keaktifan peserta didik melalui kerja sama antar kelompok. Guru juga mudah memantau aktivitas peserta didik sehingga tingkat kesukaran dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dapat diketahui dan dicarikan solusinya oleh guru.
Tidak tersedia versi lain