Text
Studi Komparasi Self-efficacy dan Self-esteem Antara Siswa Yang Berasal dari SMP dan MTs pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X di MAN Nglawak Kertosono Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
ARFIQOH LATIFATIN. Dosen pembimbing Drs. Iskandar Tsani, M.Ag dan Ninik Zuroidah, M. Si,: Studi Komparasi Self-efficacy dan Self-esteem Antara Siswa Yang Berasal dari SMP dan MTs pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X di MAN Nglawak Kertosono Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: Self Efficacy, Self-esteem Dan siswa yang berasal dari MTs dan SMP
Self-efficacy yang rendah menilai kegagalannya disebabkan oleh kurangnya kemampuan. Dan seseorang memiliki self-esteem tinggi dapat belajar lebih cepat, mengingat lebih tahan lama, menanggapi berbagai tantangan secara positif, lebih dapar menerima orang lain, dan memiliki tanggung jawab yang besar atas tindakan mereka. Kenyataan yang ada dan menjadi permasalahan masih rendahnya self-efficacy dan self-esteem dalam diri siswa, karena self -efficacy dan self-esteem mereka masih kurang, karena setiap siswa itu berasal dari lingkungan pendidikan yang berbeda maka mereka juga memiliki kadar self-efficacy dan self-esteem yang berbeda pula. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Self-efficacy siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X di MAN Negeri Nglawak Kertosono. 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Self-esteem siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X di MAN Negeri Nglawak Kertosono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X MAN Nglawak Kertosono yang berjumlah 208 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah 160 siswa, instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik Independen Sampel T-test dengan bantuan SPSS for windows versi 16.0.
Hasil yang didapat dari penelitian yang menggunakan teknik Independen Sampel T-test yang menghasikan dua jawaban yaitu, 1). Terdapat perbedaan Self-efficacy yang signifikan antara siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X di MAN Nglawak Kertosono tahun pelajaran 2013/2014 dengan T-hitung = -6,80 < T-tabel (0,05:72,14) = 1,99, maka pada variabel pertama Ha diterima. Dan dengan nilai rata-rata 77,36 yang masuk katagori tinggi untuk siswa yang berasal dari SMP dan 65,34 yang masuk katagori tinggi untuk siswa yang berasal dari MTs. 2). Terdapat perbedaan Self-esteem yang signifikan antara siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X di MAN Nglawak Kertosono tahun pelajaran 2013/2014 dengan T-hitung = 2,27 ≥ T-tabel (0,05:80,14) = 1,99, maka pada variabel kedua Ha diterima. Dan dengan nilai rata-rata 68,38 yang termasuk katagori tinggi untuk siswa yang berasal dari SMP dan 72,20 yang termasuk katagori sangat tinggi untuk siswa yang berasal dari MTs
Tidak tersedia versi lain