Text
Implementasi Metode drill dalam upaya Meningkatkan Prestasi Belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa Kelas XI MA Arrahmah tahun pelajaran 2013/2014
ABSTRAKSI
SAMROTUL MUNIROH, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid, M. Ag dan Salma Sunaiyah, S.Ag M. Pd: Implementasi Metode drill dalam upaya Meningkatkan Prestasi Belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siswa Kelas XI MA Arrahmah tahun pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Metode drill, Prestasi belajar Al-Quran Hadits.
Pada umumnya siswa MA Arrahmah dalam keseharian belajar mereka di sekolah masih menganggap guru sebagai sumber informasi utama dalam pembelajaran, sehingga hal tersebut berdampak pada prilaku belajar mereka yang pasif diwaktu mengikuti pelajaran di kelas. Selain itu mata pelajara al-quran hadis sendiri masih menjadi mata pelajaran yang dinomerduakan. Sehingga perlu seorang guru mampu menggunakan metode yang menarik untuk anak-anak lebih aktif dalam belajar khususnya dalam mata pelajaran al quran hadis. Berawal dari pemikiran tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan fokus penelitian. yaitu: 1) Bagaimana implementasi metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas XI MA Arrahmah Purwatengah Tahun 2013/2014. 2)Bagaimana peningkatan prestasi belajar setelah diimplementasikan dengan metode drill pada mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas XI MA Arrahmah Purwatengah Tahun 2013/2014.
Pada penelitian ini, penulis meggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk memperoleh data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan pengukuran tes hasil belajar siswa. Penelitian dimulai dari siklus 1, siklus II, siklus III. Dalam rancangan penelitian tindakan kelas di setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: plaining/ rencana awal yang dilakukan, action/ tindakan, observation/ pengamatan, reflection/refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika menerapkan metode drill di kelas, peneliti masih menjumpai beberapa hambatan dimana masih terdapat beberapa siswa yang kurang memahami materi yang diberikan dan peneliti masih kurang baik dalam melakukan pengelolaan kelas, sehingga peneliti dan guru memakai alternatif lain dengan menerapkan metode drill. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas XI MA Arrahmah Purwatengah Tahun 2013/2014. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil penelitiaan bahwa prosentasi ketuntasan belajar pada pra siklus 43% meningkat 17% dalam siklus I yaitu 60%. Dan terjadi peningkatan pula pada siklus II sebesar 26,6% dengan ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 86,6%, dan pada siklus III ketuntasan belajar menjadi 100% dengan peningkatan 13,4% dari siklus II.
Tidak tersedia versi lain