Text
Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Prestasi Siswa kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Ngronggot
ABSTRAK SKRIPSI
EMY PUTRI WAHYUNI. Dosen Pembimbing Dr. H. ALI ANWAR, M.Ag.dan NOER HIDAYAH M.Si.: Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Prestasi Siswa kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Ngronggot, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci : Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Prestasi Siswa.
Belajar merupakan bagian dari pendidikan yang didalamnya terjadi interaksi antara belajar dan mengajar.Pendidikan merupakan suatu upaya yang tepat dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia seseorang, dalamhalini guru sebagai pendidik mempunyai pengaruh besar terhadap siswa dari segala sikap dan tindakan guru akan ditirus eorang guru dianggap sebagai langkah utama menujuk eberhasilan pembelajaran dan senantia samemberikan semangat dalam belajar sehingga terwujudnya prestasi yang baik.dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru PAI di UPTD SMA Negeri 1 Ngronggot, 2) Bagaimana prestasi siswa di UPTD SMA Negeri 1 Ngronggot, 3) Apakah terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi siswa di UPTD SMA Negeri 1 Ngronggot.
Penelitian inia dalah penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 206 siswa sampel data penelitian ini di ambil sebanyak 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukand engan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dengan angket, metode dokumentasi dan analisis data statistic. Peneliti menganalisis data dengan rumus product moment, karena variabel (x) dan variabel (y) berdistribusi tidak normal. Maka peneliti menggunakan rumus Kendall Tau.
Dalam penelitian ini terdapat tiga temuan, yaitu : 1) persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik Guru PAI tergolong cukup. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata (mean) sebesar= 86,9265, yang berpedoman pada skala penilaian. 2) Nilai prestasi belajar siswa di UPTD SMA Negeri 1 Ngronggot diketahui dari nilai rapor tsetelah itu dicar inilai rata-rata (mean) sebesar =86,6324, yang berpedoman pada skala penilaian tergolong cukup. 3) Dalam variable penelitian ini ternyata koefisien korelasi antara variable bebas (kompetensi pedagogik) dan variable bebas (prestasi belajar siswa) tidak adapengaruh, yang tergolong rendah. Dari hasil penelitian menggunakan rumus Kendall Tau, Dalam penelitian ini menggunakan uji signifikansi, untuk kesalahan 5 % skorZtabeladalah 1,96. Ternyata skorZhitung hasil uji signifikan adalah 0,138 lebih kecil disbanding skor pada Ztabel Untuk kesalahan 5 % (1,96). Oleh karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak.Yang berarti tidak ada korelasi persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di UPTD SMA Negeri 1 Ngronggot.
Tidak tersedia versi lain