Text
Pengaruh Intensitas Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pengajaran Guru di SMPN 1 Gampengrejo
ABSTRAK
BINTI ANISA HAYATI, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Munifah, M.Pd dan Dra. Fartika Ifriqiyah, M.Pd : Pengaruh Intensitas Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pengajaran Guru di SMPN 1 Gampengrejo. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Pengajaran.
Pada masa kini pembentukan orang-orang terdidik merupakan modal yang paling penting bagi suatu bangsa. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada suatu jenjang pendidikan sangat diperlukan pelaksanaan supervisi. Peranan guru dalam proses pengajaran masih memiliki peranan penting, karena belum dapat digantikan oleh mesin, masih terlalu banyak unsur-unsur manusiawi yang diharapkan merupakan hasil dari proses pengajaran. sehingga dalam menjalankan profesinya khususnya di bidang pengajaran diperlukan adanya binaan, bimbingan dari orang yang lebih mampu dan berkompeten, yaitu kepala sekolah sebagai supervisor, yaitu salah satu tugasnya adalah memberi supervisi kepada guru-guru.
Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh intensitas supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan pengajaran guru, bagaimana intensitas supervisi kepala sekolah, bagaimana pelaksanaan pengajaran guru, dan bagaimana pengaruh intensitas supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan pengajaran guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh guru yang berjumlah 57 guru instrumen dan metode yang digunakan adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parametrik Hasil penelitian dengan menggunakan analisis product moment.
Dari perhitungan SPSS 21, didapatkan skor korelasi (rhitung) sebesar 0,328. Skor korelasi berdasarkan tabel (rhotabel) dengan n=57 diperoleh taraf kesalahan 5% sebesar 0,266. Berdasarkan hasil diatas terlihat skor korelasi (rhitung) lebih besar dari skor korelasi tabel (rhotabel) taraf kesalahan 5%. Dan korelasi intensitas supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan pengajaran pada tingkat hubungan yang rendah berada dalam interval koefisien antara 0,20-0,399. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara intensitas supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan pengajaran
Tidak tersedia versi lain