Text
Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Uptd Smpn Negeri 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk
ABSTRAK
QURROTUL ‘AINI, Dosen Pembimbing Drs.Hj Munifah, M.Ag, dan Salma Sunaiyah, S.Ag. M.Pd.:Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2014.
Kata Kunci: supervisi, kepala sekolah, kinerja, guru
Keberhasilan suatu sekolah pada hakikatnya terletak pada efisiensi dan efektifitas seorang kepala sekolah. Sedangkan sekolah sebagai lembaga pendidikan bertugas menyelenggarakan proses pendidikan dan proses belajar mengajar dalam usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kepala sekolah diharapkan menjadi pemimpin dan inovator di sekolah, maka dari itu kepemimpina kepala sekolah adalah kunci keberhasilan sekolah. Dalam proses pendidikan, didalamnya terdapat aktivitas guru mengajar, peran serta siswa dalam belajar, sistem pengelolaan adminitrasi, serta mekanisme kepemimpinan kepala sekolah yang perlu dioptimalkan fungsinya agar kualitas pendidikan dapat ditingkatkan.
Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu sekolah adalah kinerja guru. Kinerja guru memperlancar kesuksesan suatu organisasi, maka dipandang penting untuk mengukur karakteristik tenaga kerjanya. Salah satu yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah supervisi yang diberikan oleh kepala sekolah. Dengan adanya pelayanan-pelayanan supervisi maka diharapkan kinerja guru dapat meningkat atau lebih baik. kepala sekolah sebagai supervisor, mempunyai salah satu tugasnya yaitu memberi supervisi kepada guru-guru. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, bagaimana supervisi kepala sekolah, bagaimana kinerja guru, dan bagaimana pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh guru yang berjumlah 69 guru instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi non parametrik dengan menggunakan analisis Spearman Rank.
Hasil yang didapat dari penelitian yaitu supervisi kepala sekolah bernilai kurang yaitu dengan nilai rata-rata 39,20. Kinerja guru bernilai kurang dengan nilai rata-rata 77,49. Tidak terdapat pengaruh antara supervisi kepala sekolah (X) terhadap kinerja guru (variabel Y) sebesar rhohitung (-0,129) adalah lebih kecil dari rhotabel baik untuk kesalahan 5% : 0,244 maupun taraf kesalahan 1%: 0,317. Dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru. Ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak
Tidak tersedia versi lain