Text
Upaya KepalaSekolah dalam Menciptakan Sekolah Adiwiyata di MTsN Kanigoro Kras Kabupaten Kediri
ABSTRAK
AHMAD ASYHAR HILMI, Dosen Pembimbing Dr. Ali Anwar, M.Ag dan Noer Hidayah, M.Si : Upaya KepalaSekolah dalam Menciptakan Sekolah Adiwiyata di MTsN Kanigoro Kras Kabupaten Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Adiwiyata
.
Pada era perkembangan zaman modern ini, Eksploitasi yang berlebihan mengakibatkan masalah lingkungan. sangat diperlukan adanya suatu pengelolaan agar lingkungan yang ada yang mengalami penurunan kualitas tersebut menjadi lebih baik. Untuk mewujudkan keinginan tersebut kita harus memaksimalkan sarana yang dianggap paling efektif yaitu “pendidkan Lingkungan”. Salah satu institusi yang bisa dijadikan penggerak demi menjadikan lingkungan yang lestasi adalah institusi pendidikan. Adiwiyata adalah salah satu program kerja berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam penelitian ini akan mengangkat judul upaya kepala sekolah dalam menciptakan sekolah adiwiyata di MTsN Kanigoro Kras Kabupaten Kediri. Adapun fokus yang dibahas dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kebijakan kepala sekolah dalam menciptakan sekolah adiwiyata di MTsN Kanigoro Kras Kabupaten Kediri, 2) Bagaimana langkah kepala sekolah dalam menciptakan sekolah adiwiyata di MTsN Kanigoro Kras Kabupaten Kediri.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi dengan sumber kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana prasarana,dan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Setelah melalui penelitian yang sistematis, maka peneliti berpendapat bahwa :1) kebijakan kepala sekolah dalam program adiwiyata adalah pembuatan SK tim adiwiyata, perubahan visi misi sekolah, menggunakan kurikulum adiwiyata, pengelolaan sampah sekolah yang terorganisir, anggaran dana berlingkup peduli lingkungan, melengkapi sarana dan prasarana sekolah, bekerja sama dengan pihak lain, dan mengadakan lomba-lomba yang mendukung adanya program adiwiyata. 2) Langkah kepala sekolah dalam menciptakan sekolah adiwiyata adalah: persiapan, pembentukan tim adiwiyata, study banding, Membentuk Kelompok Kerja, Perumusan visi misi, Penataan fisik, Perumusan kurikulum adiwiyata, Sosialisasi dengan penjual jajanan, Pengadaan Sarana Kantin bagi Penjual Jajanan, Bekerja sama dengan pihak lain, Menyusun Portofolio Program Adiwiyata, untuk pelaksanaannya adalah dengan menerapkan segala program adiwiyata, dan melakukan evaluasi terhadap program yang dijalankan.
Tidak tersedia versi lain