Text
Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Fiqih Melalui Media Audio Visual Kelas VIII C MTs Al Muttaqin Plemahan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014
ABSTRAK
SOFYAN TSAURI ASSOBIRIN, Dosen Pembimbing MUHAMMAD YASIN, M.Pd. dan AHMAD TAUFIQ, S.Ag M.Si.: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Fiqih Melalui Media Audio Visual Kelas VIII C MTs Al Muttaqin Plemahan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Mutu Pembelajaran
Kemajuan yang dicapai manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pengetahuan dan teknologi itu sendiri berkembang semakin pesat. Pola hidup manusia dengan kemajuan teknologi mempunyai hubungan erat, pendidikan adalah wadah yang paling menonjol dalam rangka kemajuan itu. Dalam pembelajaran, ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu salah satunya adalah menggunakan media audio visual, karena media audio visual dapat menyampaikan pengertian atau informasi dengan cara yang lebih kongkrit atau lebih nyata daripada yang dapat disampaikan oleh kata-kata yang diucapkan. Dengan melihat sekaligus mendengar, orang yang menerima pelajaran dapat lebih mudah dan lebih cepat mengerti. Proses pembelajaran saat ini sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang materi Fiqih. Mayoritas metode pembelajaran fiqih yang selama ini masih ditekankan pada hafalan, dan ceramah, penyampaian materi ini kurang variatif, tidak menggunakan media audio visual, akibatnya siswa kurang memahami manfaat apa yang telah dipelajarinya.
Penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan media audio visual dalam meningkatkatkan mutu pembelajaran fiqih di MTs Al Muttaqin Plemahan. Dengan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah bagaimana penerapan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII C itu dilakukan, Apakah media audio visual dapat meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran kelas VIII C di MTs Al Muttaqin Plemahan, yang bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII C itu dilakukan, dan media audio visual dapat meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran kelas VIII C di MTs Al Muttaqin Plemahan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). PTK ini dilaksanakan 2 siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakanan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif seperti hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data yang berupa angka seperti hasil observasi dan tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih dilaksanakan dengan langkah sebagai berikut, Menyiapkan proyektor dan laptop untuk media audio visual. Menampilkan materi berupa video haji dan materi tentang haji. Ketika pembelajaran sedang berlangsung, peneliti sambil menerangkan apa yang ada dalam media audio visual. Mengakhiri proses dengan bertanya kepada siswa apa yang ada dalam materi yang sudah di tampilkan tersebut. 2) Dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang sebelum dilakukan tindakan 64,34 menjadi 79,65. Persentase siswa yang belajar dengan tuntas sebelum tindakan 30,43% menjadi 65,21%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi dari nilai ratai-rata 79,65 menjadi 87,60. Persentase siswa yang belajar dengan tuntas dari 65,21% menjadi 95,65%. Selain itu, dari hasil pengamatan aktivitas siswa di dalam kelas juga mengalami peningkatan sebelum dilakukan tindakan dari 52% menjadi 68%. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa di dalam kelas mengalami peningkatan lagi dari 68% menjadi 88%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII C dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa di MTs Al Muttaqin Plemahan Kediri.
Tidak tersedia versi lain