Text
Implementasi Pembelajaran Kooperatif Think, Pair, and Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN. Jerukwangi Kecamatan Kandangan Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
MUNASIRIN, Dosen Pembimbing Drs. MOH. ROIS, M.A dan Dr.H.ILHAM TOHARI, M.H.I.: Implementasi Pembelajaran Kooperatif Think, Pair, and Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN. Jerukwangi Kecamatan Kandangan Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Hasil belajar PAI
Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru diharapkan mampu memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan konsep yang akan disampaikan. Pada kenyataannya pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN. Jerukwangi masih sering menggunakan metode ceramah oleh karena itu, minat siswa dalam belajar menjadi kurang, sehingga hasil belajar menjadi rendah. Untuk itu peneliti mengadakan penelitian dengan Rumusan masalah antara lain; (1) Bagaimanakah pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Think, Pair, and Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V SDN Jerukwangi Kec. Kandangan Tahun Pelajaran 2013/2014?, (2) Apakah impelementasi Pembelajaran Kooperatif Think, Pair, and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V SDN Jerukwangi Kec. Kandangan 2013/2014?, Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Untuk Mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Think, Pair, and Share Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI kelas V SDN. Jerukwangi Kec. Kandangan Tahun Pelajaran 2013/2014. (b) Untuk Mengetahui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Think, Pair, and Share dapat atau tidak Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI kelas V SDN. Jerukwangi Kec. Kandangan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN. Jerukwangi Kec. Kandangan Tahun Pelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh berupa hasil observasi, tes, dokumentasi, dan interview dari kegiatan pembelajaran.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang diketahui dari rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pre test sebesar 58,75, siklus I sebesar 68,75, dan siklus II sebesar 87,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran TPS dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN. Jerukwangi Kec. Kandangan.
Tidak tersedia versi lain