Text
Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Sub pokok Bahasan Sholat Pada Kelas III Di SDN PAGU II Ds. Pagu Kec. Pagu Tahun Ajaran 2013/2014
ABSTRAK
SARMUDI, Dosen Pembimbing : Dr. Mu’awanah, M.Pd dan Saifullah, M.Ag : Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Sub pokok Bahasan Sholat Pada Kelas III Di SDN PAGU II Ds. Pagu Kec. Pagu Tahun Ajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam.
Pendidikan Agama Islam merupakan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah umum yang mempunyai peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam pembentukan moral, akhlak dan etika peserta didik yang sekarang ini sedang berada pada titik terendah dalam perkembangan masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang menjadi sebab adalah ketiadaan penguasaan menejemen modern bagi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Untuk mengatasi kegagalan pendidikan agama Islam diperlukan pendidik yang mampu mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dan relevan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditentukan. Sehingga dalam PBM tercipta suatu lingkungan yang kondusif, kreatif dan kritis dari siswa. Utamanya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih sebagai mata pelajaran yang mengajarkan tentang Ibadah seseorang. Tujuan dari fokus yang di tulis penelitian ini: 1) Mengetahui Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih Kelas III SDN PAGU II Desa Pagu Kecamatan Pagu tahun pelajaran 2013/2014. 2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Fiqih pada siswa Kelas III SDN PAGU II Kecamatan Pagu tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III SD Negeri PAGU II semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 23 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa terlibat aktif secara fisik, emosional dan intelektual sehingga konsep tentang Sholat Fardlu yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa 2. Metode demonstrasi mempunyai dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Pagu II Semester II tahun pelajaran 2013/2014. Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sampai dengan siklus III terdapat peningkatan. semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 65,22 %, 78,2 %, dan 82,60 %. Pada siklus III prestasi belajar siswa meningkat dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.
Tidak tersedia versi lain