Text
Pengaruh Gaya Belajar Siswa Akselerasi terhadap Prestasi Belajar PAI melalui Motivasi di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri
ABSTRAKSI
NAILI IFADAH, Dosen Pembimbing . Dr. H. Ali Anwar, M. Ag dan Noer Hidayah, M.Si: Pengaruh Gaya Belajar Siswa Akselerasi terhadap Prestasi Belajar PAI melalui Motivasi di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Gaya Belajar, Motivasi, Prestasi Belajar PAI Siswa Akselerasi
Dalam kaitannya dengan prestasi belajar, gaya belajar adalah salah satu hal yang memiliki pengaruh dalam menentukan apakah seorang siswa nantinya memiliki motivasi tinggi dalam kegiatan belajarnya sehingga mampu mempengarui terhadap hasil belajar mereka. Dikarenakan hal tersebutlah gaya belajar seorang siswa dimungkinkan mampu merangsang motivasi dalam belajar yang mengakibatkan terhadap hasil belajarnya yakni prestasi yang dicapai dapat maksimal. Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud meneliti lebih jauh 1)Bagaimanakah pengaruh gaya belajar terhadap motivasi belajar?, 2)Bagaimanakah pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa?, 3)Bagaimanakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar? dan 4)Bagaimanakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi?
Penelitian ini adalah penelitian campuran atau mix yang menggabungkan antara kuantitatif dan kualitatif dengan model sequential eksplanatory yang lebih condong kepada kuantitatif. Dengan menggunakan populasi yakni seluruh siswa kelas VIII akselerasi dengan jumlah responden sebanyak 15 anak. Metode pengumpulan data dengan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Peneliti menganalisis data menggunakan analisis jalur (path analys), karena mengguanakan variabel mediator (M) sebagai variabel yang tersimpan yang menghubungkan antara variabel (x) dan variabel (y).
Dalam penelitian ini terdapat temuan, yaitu : 1) Berdasarkan hasil penelitian, tidak ada pengaruh antara gaya belajar terhadap motivasi belajar siswa akselerasi di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri pada tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,172 yang lebih besar dari 0,05. 2) Tidak ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akselerasi di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri pada tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,771 yang lebih besar dari 0,05. 3) Tidak ada pengaruh antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa akselerasi di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri pada tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,708 yang lebih besar dari 0,05. Maka tidak ada pengaruh antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa akselerasi melalui motivasi di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri pada tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya korelasi dari perhitungan yang telah dilakukan
Tidak tersedia versi lain