Text
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat terhadap MTs Negeri Kediri 2
ABSTRAK
Titik Wiji Utari, Dosen Pembimbing Dr.Hj. Munifah, dan Muhamad Yasin, M.Pd: Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat terhadap MTs Negeri Kediri 2, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Kepuasan Masyarakat
Kepala Sekolah memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan kualitas madrasah guna meningkatkan kepuasan masarakat. Didukung dengan perencanaan yang baik dan juga matang akan menjadikan program-program madrasah yang diselenggarakan akan berjalan dengan lancar dan tentunya direncanakan bersama stakeholder sekolah dan melalui proses, dan hal ini tentunya bisa berlangsung karena kompetensi manajerial yang dimiliki kepala sekolah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mengelola perubahan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar efektif. 2) Bagaimana menciptakan budaya madrasah yang kondusif bagi pembelajaran peserta didik.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, karena karakteristik madrasah yang mendukung untuk dilakukan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap MTs Negeri Kediri 2 adalah: Dalam perencanaan pengembangan madrasah hal yang paling mendasar adalah membuat perencanaan jangka pendek, menengah, dan juga panjang, yang sebelumnya melalui beberapa tahapan untuk bisa membuat perencanaan yang matang bersama pihak-pihak terkait baik itu guru, karyawan, komite sekolah, 2) Dalam pengkondisian madrasah agar tetap kondusif hal ini perlu kerjasama pihak-pihak sekolah untuk bisa mewujudkan publikasi keunggulan sekolah, tersedianya sarana prasarana yang memadai dan juga baik, serta memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi, serta menerapkan Schooll Base Manajemen, 3) Hal yang mempengaruhi kepuasan masyarakat diantaranya pihak madrasah mampu mengupayakan terhadap kebutuhan dan juga kemampuan siswa-siswi untuk belajar.
Tidak tersedia versi lain