Text
Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah Melalui Metode Demostrasisiswa kelas II SDN Kampungbaru 5 Kepung
ABSTRAK
ANA NUR LAILI, Dosen Pembimbing Dr.Muawanah, M.Pd dan Ninik Zuroidah, M.SI.Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah Melalui Metode Demostrasisiswa kelas II SDN Kampungbaru 5 Kepung, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Penulisan Huruf Hijaiyah.
Salah satu cara agar tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar.
Selama ini banyak para pendidik yang masih menerapkan metode yang sifatnya monoton seperti ceramah, dan hal tersebut kurang efektif dalam mengaktifkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hal yang lebih penting lagi adalah siswa kurang semangat dan merasa tertekan terhadap pembelajaran guru yang selalu menerapkan metode tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat meningkatkan kerja siswa sehingga dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf hijaiyah siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam dikelas II SDN Kampungbaru 5 Kepung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kampungbaru 5 Kepung yang berjumlah 32 orang siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, data tentang kegiatan pembelajan demonstrasi yang diambil dengan menggunakan lembar pengamatan serta data hasil nilai. Sedangkan untuk tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) reduksi data, (2) paparan data, dan (3) penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi memberikan banyak kontribusi diantaranya mudahnya siswa memahami materi melalui praktik langsung, siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, Hal ini dapat dibuktikan dari proses belajar siswa kelas II, maka dapat diperoleh hasil pre tes peningkatan kemampuan menulis huruf hjaiyah yang pada awalnya rata-rata dengan prosentase 65,8% dan pada siklus I sebesar 75 atau dengan prosentase 50%. Pada siklus II hasil observasi menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 84,37.
Tidak tersedia versi lain