Text
Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di MTsN Kediri 2
ABSTRAK
MUHAMMAD NAJIH. Dosen Pembimbing DR. H. Syamsul Huda, M.Ag. dan Dra. MUAWANAH, M.Pd: Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di MTsN Kediri 2, Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (STAIN) Kediri, 2014.
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Kompetensi Supervisi, Kinerja Guru
Kompetensi manajerial kepala sekolah merupakan suatu ketrampilan yang dimiliki oleh kepala sekolah dalam upaya memanfaatkan sumberdaya manusia (SDM) dan sumberdaya yang lain dalam kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, yang dilakukan secara efektif dan efisien dengan melibatkan seluruh anggota secara efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Kompetensi supervisi kepala Sekolah merupakan kemampuan melakukan berbagai pengawasan dan pengadilan untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yang dimiliki oleh kepala sekolah. Pengembangan suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kompetensi kepala sekolah terutama kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi yang dimiliki kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Karna faktor yang sangat penting dalam proses pendidikan adalah pendidikan yang berkualitas secara otomatis akan dapat mencetak generasi yang berkualitas pula. Kinerja guru merupakan suatu kemampuan kerja atau prestasi kerja yang diperlihatkan oleh seseorang guru dalam memperoleh hasil mengajar yang optimal. Kinerja seseorang akan nampak pada situasi dan kondisi sehari-hari. Aktifitas-aktifitas yang dilakukan oleh seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya menggambarkan bagaimana ia berusaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetnsi manajerial, kompetensi supervisi kepala sekolah dan kinerja guru di MTsN Kediri II serta untuk mengetahui seberapa jauh hubungan antara kompetensi manajerial, kompetensi supervisi kepala sekolah dan kinerja guru di MTsN Kediri II. Instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan domkumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, analisis regresi sederhana digunakan untuk analisis dengan satu variabel X, sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk analisis dengan dua variabel X.
Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) dan kinerja guru (Y) sebesar , jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar . Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi sederhana pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah Y = + . X1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar jika dibuat dalam bentuk persen adala sebesar %. Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi sederhana pengaruh kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah Y = + . X2. Dan terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara kompetensi manajerial, kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar . jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar . Persamaan yang diperoleh darianalisis regresi ganda pengaruh kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah Y = + .X1 + . X2
Tidak tersedia versi lain