Text
Penerapan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X-1 di MAN Krecek Pare Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
EVA NURJANATIN TAZA, Dosen Pembimbing WAHIDUL ANAM, M. Ag dan H. SAIFULLAH, M. Ag.: Penerapan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X-1 di MAN Krecek Pare Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Metode Reading Aloud, Prestasi Belajar
Metode pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Sebaik apa pun materi yang disusun, tanpa metode yang baik, maka tujuan yang akan diperoleh tidak dapat tercapai secara optimal. Selain itu, dalam menggunakan metode juga harus diperhatikan kondisi siswanya dan materi yang diajarkannya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut maka tujuan pembelajaran dapat tercapai, begitu juga dengan prestasi belajar siswa. Mata Pelajaran Akidah Akhlak sebagian besar materinya bersifat abstrak, sehingga siswa memerlukan daya konsentrasi yang kuat dan daya imajinasi yang bagus agar dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat untuk mengajarkan materi Akidah Akhlak kepada siswa, yaitu dengan menggunakan metode reading aloud sehingga siswa lebih mudah dalam menerima pelajaran yang lebih cenderung bersifat abstrak ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode reading aloud pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X-1 itu dilakukan ? 2) Apakah metode reading aloud dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X-1 di MAN Krecek Pare Kab. Kediri ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). PTK ini dilaksanakan 2 siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakanan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif seperti hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data yang berupa angka seperti hasil observasi dan tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan metode reading aloud pada mata pelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan dengan langkah sebagai berikut, peneliti menyiapkan teks yang cukup menarik untuk dibaca dengan keras yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Kemudian membagikan teks tersebut kepada sebagian siswa lalu menyuruh siswa untuk membacanya satu persatu, ketika bacaan sedang berlangsung siswa disuruh berhenti pada poin tertentu untuk ditanya atau bertanya dan memberikan contoh. Setelah itu, memberikan waktu kepada siswa untuk berdiskusi. Lalu mengakhirinya dengan bertanya kepada siswa tentang apa yang ada dalam teks. 2) Dengan menggunakan metode reading aloud dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang sebelum dilakukan tindakan 74 menjadi 76. Persentase siswa yang belajar dengan tuntas sebelum tindakan 28,57% menjadi 54,28%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi dari nilai ratai-rata 76 menjadi 86. Persentase siswa yang belajar dengan tuntas dari 54,28% menjadi 100%. Mengalami peningkatan sebesar 45,72%. Selain itu, dari hasil pengamatan aktivitas siswa di dalam kelas juga mengalami peningkatan sebelum dilakukan tindakan dari 56% menjadi 72%. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa di dalam kelas mengalami peningkatan lagi dari 72% menjadi 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reading aloud pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X-1 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Krecek Pare Kab. Kediri.
Tidak tersedia versi lain