Text
Manajemem Kelas Program Akselerasi dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Negeri I Ngadiluwih Tahun Ajaran 2013-2014),
ABSTRAK
Dian Andri Wahyuni, Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Mu’awanah, M.Pd dan Dosen Pembimbing II Bapak Wahidul Anam, M. Ag: Manajemem Kelas Program Akselerasi dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Negeri I Ngadiluwih Tahun Ajaran 2013-2014), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Program Akselerasi, Efektifitas Pembelajaran
Dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan yang berkaitan erat dengan mutu proses belajar mengajar. Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Sebagai manajer seorang guru bertanggung jawab mengelola kelas dengan baik agar kegiatan belajar mengajar terarah dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal. Pengimplementasian manajemen kelas dalam program akselerasi sangat penting, untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran dengan jangka waktu yang lebih cepat dalam menyelesaikan pendidikannya.
Fokus penelitian dalam sekripsi ini adalah: (1)Bagaimana Manajemen Kelas Program Akselerasi dari Segi Perencanaan Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran PAI di SMPN I Ngadiluwih (2)Bagaimana Manajemen Kelas Program Akselerasi dari Segi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran PAI di SMPN I Ngadiluwih (3)Bagaimana Manajemen Kelas Program Akselerasi dari Segi Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMPN I Ngadiluwih.
. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Sedangkan data analisis dapat meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Akselerasi di SMP Negeri I Ngadiluwih adalah: a. Masalah manajemen kelas: baik masalah individu ataupun masalah kelompok adalah wajar karena mereka mempunyai karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lain, akan tetapi tidak ada masalah yang signifikan yang terjadi dikelas akselerasi b. Desain kegiatan pembelajaran meliputi 1) Menyusun Silabus dan RPP 2) Menyusun prota, promes dan kalender pendidikan 3) Strategi pembelajaran: menggunakan metode bervariasi, motivasi, dan pemberian reward dan punishment 4) Mengembangkan sumber belajar dan bahan ajar 2. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Akselerasi di SMP Negeri I Ngadiluwih adalah: a. Tindakan dalam manajemen kelas: memberikan motivasi dan pengarahan b. Iklim suasana kelas: 1) Ruangan tempat berlangsungnya proses belajar-mengajar: ruangannya cukup luas bersih, rapi dan nyaman 2) Pengaturan tempat duduk: dibuat bervariasi dan rolling tempat duduk 3) Ventilasi dan pengaturan cahaya: cukup memadai 4) Pengaturan penyimpanan barang-barang: cukup b. Metode pembelajaran: menggunakan metode ceramah, diskusi, praktik dan penugasan dan lebih menggunakan metode Cooperative Learning c. Penggunaan media: LCD proyektor, TV, ruang multimedia dan pemanfatan internet. 3. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Akselerasi di SMP Negeri I Ngadiluwih bertujuan untuk memperoleh bahan laporan tentang perkembangan siswa yang diperlukan orang tua, guru dan lembaga pendidikan yang bersangkutan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak tersedia versi lain