Text
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Studi Kasus di SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri
ABSTRAKSI
JUHARISMAN ARIF, Dosen pembimbing Drs. Moh Rois, MA dan Dr. H Ilham Thohari, M. HI. : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Studi Kasus di SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyyah, STAIN Kediri 2014.
Kata kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Self Control
Banyaknya tindakan penyimpangan perilaku pada remaja yang terjadi disekitar kita, hal ini menunjukkan buruknya karakter dan minimnya pemahaman agama mereka. Sejalan dengan perannya, sekolah adalah tempat yang sangat strategis untuk membentuk akhlak siswa. Salah satu langkah yang dapat diterapkan sekolah adalah menerapkan Pendidikan Agama Islam dalam keseharian siswa, dengan tujuan agar perilaku penyimpangan bisa di cegah. Sehingga guru PAI perlu melakukan beberapa upaya dalam peningkatan self-control pada siswa sebagai langkah meminimalisir tindak penyimpangan pada diri siswa. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana upya guru PAI dalam peningkatan self-control siswa di SMAN 1 Plemahan? 2. Apa saja faktor penunjang dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan self-control di SMAN 1 Plemahan?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan self-control siswa di SMAN 1 Plemahan Kab. Kediri, 2. untuk mendiskripsikan dan menjelaskan faktor penunjang dan penghambat dalam upaya peningkatan self-control siswa di SMAN 1 Plemahan Kab. Kediri.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu:
1. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self-control pada siswa di SMAN 1 Plemahan adalah menanamkan dan menghimbau para siswa tentang pentingnya mengendalikan diri, memberikan contoh melalui figur serta menunjukkan peristiwa yang terjadi sebagai bahan untuk renungan guna diambil hikmah, melakukan pengarahan, pengawasan dan pembinaan terhadap perilaku siswa di SMAN 1 Plemahan. Hal ini bertujuan utnuk membentuk pribadi siswa yang ber-akhlakul karimah sehingga dapat menghindarkan diri dari berbagai pengaruh negatif dalam berinteraksi sosial, memiliki kepribadian yang disiplin, bertanggungjawab serta cermat dan tepat dalam mengambil keputusan.
2. Faktor penunjang upaya guru PAI dalam meningkatkan self-control pada siswa adalah faktor lingkungan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, kerjasama antara warga sekolah. Sedangkan Faktor Penghambat meliputi: kurangnya perhatian keluarga dan orangtua, dan adanya lingkungan pergaulan teman sejawat yang memiliki perilaku menyimpang
Tidak tersedia versi lain