Text
Pengaruh Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Kuning Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di MA Hasan Muchyi Kabupaten Kediri
ABSTRAK
ARROHMATAN. Dosen Pembimbing DR. H. ALI ANWAR, M.Ag. dan NOER HIDAYAH, M.Si: Pengaruh Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Kuning Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di MA Hasan Muchyi Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Prestasi, Kitab Kuning, Pendidikan Agama Islam.
Adanya muatan lokal kitab kuning dengan porsi yang cukup banyak yaitu enam jam perpekan di MA Hasan Muchyi menarik untuk diteliti, realita tersebut unik karena adanya tradisionalisasi kurikulum pendidikan di era maraknya modernisasi pendidikan. Penelitian ini berdasar pada teori Condition of Learning oleh Gagne. Teori ini menyatakan proses pembelajaran bersifat hierarki dan di dalamnya terdiri dari Internal Condition of Learning dan External Condition of Learning.
Penelitian ini berusaha untuk menguji dan mengembangkan teori Condition of Learning dengan cara meneliti ada atau tidaknya pengaruh prestasi siswa pada pelajaran kitab kuning terhadap prestasi siswa pada pelajaran PAI dan meneliti proses terjadinya pengaruh prestasi siswa pada mata pelajaran kitab kuning terhadap prestasi siswa pada pelajaran PAI.
Penelitian ini merupakan penelitian campuran kuantitatif dan kualitatif, yaitu meneliti ada atau tidaknya korelasi antara prestasi siswa pada mata pelajaran kitab kuning terhadap mata pelajaran PAI melalui pengujian hipotesis, kemudian dilanjutkan dengan meneliti proses terjadinya pengaruh tersebut dengan menganalisa beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Lokasi penelitian ini di MA Hasan Muchyi Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kueisioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi siswa pada mata pelajaran PAI sedikit dipengaruhi oleh prestasi siswa pada mata pelajaran kitab kuning. Pengaruh tersebut bernilai sangat lemah dengan nilai koefisien korelasi 0,157 atau dengan prosentase 2,45 %, berarti 97,55% dari prestasi siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sedangkan proses terjadinya pengaruh presetasi siswa pada mata pelajaran kitab kuning terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PAI didasari oleh teori Condition of Learning, pada topik ini mata pelajaran kitab kuning merupakan Internal Condition, sedangkan mata pelajaran PAI merupakan External Condition. Pada proses tersebut faktor pendukung terjadinya pengaruh yang dominan adalah mata pelajaran kitab kuning merupakan pondasi pengetahuan bagi mata pelajaran PAI, sedangkan faktor penyebab lemahnya pengaruh yang dominan adalah metode pembelajaran pada mata pelajaran kitab kuning tidak seimbang dengan metode pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran PAI, sehingga para siswa merasa kesulitan untuk menkorelasikan antar materi pada kedua mata pelajaran tersebut lantaran kurang faham.
Tidak tersedia versi lain