Text
Upaya Guru PAI Dalam Mencegah Munculnya Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Kertosono Tahun Ajaran 2013/2014)
ABSTRAK
ETIK KURNIAWATI, Dosen pembimbing DRS. MOH. IRFAN BURHANI, M.Psi dan IMRON MUZAKKI, M.Psi: Upaya Guru PAI Dalam Mencegah Munculnya Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Kertosono Tahun Ajaran 2013/2014), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Upaya Guru PAI, Kenakalan Remaja
Masa remaja merupakan masa transisi antara masa anak-anak menuju masa dewasa, sehingga banyak menimbulkan tindakan penyimpangan perilaku pada remaja yang terjadi disekitar kita, hal ini menunjukkan buruknya karakter dan minimnya penanaman nilai-nilai agama. Sekolah merupakan tempat yang strategis untuk membentuk akhlak siswa. Salah satu langkah yang dapat diterapkan sekolah adalah menerapkan Pendidikan Agama Islam dalam keseharian siswa yang dimulai dari hal sederhana, dengan tujuan agar perilaku penyimpangan bisa di cegah. Sehingga guru PAI perlu melakukan beberapa upaya dalam mencegah kenakalan remaja. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana bentuk kenakalan siswa di SMK Negeri 1 Kertosono? 2. Bagaimana pelaksanaan pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kertosono tahun 2013/2014? 3. Bagaimana upaya guru PAI dalam mencegah munculnya kenakalan di SMK Negeri 1 Kertosono? 4. Apa saja faktor penunjang dan penghambat upaya guru PAI dalam mencegah munculnya kenakalan remaja, di SMK Negeri 1 Kertosono?
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu:
1. Bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMK Negeri 1 Kertosono, yaitu Membolos Sekolah, Merokok dalam lingkungan sekolah, Membolos pelajaran, Berkelahi antar siswa, Terlambat datang, Merusak fasilitas, Membuat gaduh dalam kelas, Tidak memakai seragam sesuai dengan praturan sekolah, Mencuri helm, HP dan alat praktek sekolah. 2. Pelaksanaan Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kertosono, di sampaikan di dalam kelas waktu 2 jam pelajaran melalui tiga metode, yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan, dan media LCD Proyektor. Selain itu materi diaplikasikan dalam keseharian siswa di mulai dengan hal yang sederhana yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Sunnah Nabi. 3. Upaya guru PAI dalam mencegah kenakalan remaja adalah Tindakan Preventif. 4. Faktor penunjang upaya guru PAI dalam mencegah munculnya kenakalan remaja adalah faktor lingkungan, kegiatan ekstrakurikuler, kebijakan dari kepala sekolah, kerjasama antara warga sekolah, serta adanya teman sejawat dan guru BP. Sedangkan Faktor Penghambat meliputi: kurangnya perhatian keluarga, Tayangan TV yang tidak mendidik, adanya berbedaan aliran-aliran organisasi agama pada siswa, dan teman sejawat yang memiliki perilaku menyimpang.
Tidak tersedia versi lain