Text
Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMPN 2 Tarokan Kabupaten Kediri
ABSTRAK
ISTAFIL FUADAH. Dosen Pembimbing Dr. Hj. MUNIFAH, M.Pd dan SALMA TSUNAIYAH, M.Pd. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMPN 2 Tarokan Kabupaten Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Kepala sekolah, kinerja guru.
Produktivitas individu dapat dinilai dari apa yang dilakukan oleh individu tersebut dalam kerjanya, yakni bagaimanan ia melakukan pekerjaan atau unjuk kerjanya. Produktivitas dapat ditinjau berdasarkan tingkatannya dengan tolak ukur masing-masing, yang dapat dilihat dari kinerja tenaga kependidikan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan harus tersedianya pendidikan yang memiliki tenaga ahli atau guru tenaga pengajar yang profesional. Agar pendidikan dapat mempunyai nilai guna dan hasil guna lebih dan nantinya diharapkan mampu menjawab problema, maka harus adanya kepala sekolah sebagai penanggung jawab. Dalam suatu kelompok lembaga organisasi sangat diperlukan adanya seorang pemimpin yang dianggap mampu mengatur, mengayomi dan bertanggung jawab terhadap kelompok. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada aspek kedisiplinan? 2) Bagaimana usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada aspek pemberian motivasi di SMPN 2 Tarokan Kabupaten Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala-gejala tertentu. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada aspek kedisiplinan di SMPN 2 Tarokan Kabupaten Kediri, yaitu memberi pengarahan tentang arti dan pentingnya disiplin guru, menjadi contoh atau teladan, dan membentuk tim khusus bidang kedisiplinan guru. Dengan menerapkan disiplin diri diharapkan para guru akan mengikuti sebagaimana disiplin yang diterapkan kepala sekolah dengan penuh kesadaran diri dan tanpa adanya paksanaan. 2) Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada aspek pemberian motivasi di SMPN 2 Tarokan Kabupaten Kediri yaitu: a) menciptakan situasi dan kerjasama yang harmonis antar guru, b) memberikan penghargaan, c) melibatkan guru dalam setiap kegiatan sekolah, d) memberi hak kepada guru untuk mengeluarkan pendapat untuk perkembangan sekolah, dan e) melengkapi segala kebutuhan yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya.
Tidak tersedia versi lain