Text
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kediri
ABSTRAK
ISNANIATIN, Dosen Pembimbing Dr. H. Syamsul Huda, M. Ag. dan Dr. Mu’awanah, M. Pd: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci :Upaya Guru, KeaktivanBelajar
Dalam kegiatan proses belajar mengajar guru sekaligus sebagai pemimpin memegang tugas dan tanggung jawab dalam merencanakan dan mendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. Keaktifan belajar siswa adalah suatu kegiatan/perbuatan yang dilakukan terus menerus dan diulang-ulang, guna terjadinya suatu perubahan-perubahan yang diharapkan. Focus penelitian ini yaitu: (1).Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan mendengar penjelasan guru di SMP Negeri 2 Kediri? (2). Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan mencatat siswa di SMP Negeri 2 Kediri? (3). Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan bertanya siswa di SMP Negeri 2 Kediri?
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah : (1)Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan mendengar penjelasan guru, adalah: a)Guru memberi teguran siswa yang ramai di dalam kelas. b)siswa menyampaikan kembali materi yang telah dijelaskan oleh guru c)menggunakan metode ceramah d)mengondisikan kelas e)meningkatkan motivasi belajar siswa f)Membangkitkan motivasi ekstrinsik siswa yaitu g) memberi nilaih) Memberi pujiandan i)memberi hukuman j)memisahkan siswa yang ramai dengan yang tidak. (2)Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan mencatat siswa adalah: a)memberikan motivasi ekstrinsik pada siswa yang berupa b)pemberian nilai c)pemberian hadiah d)pemberian sanksi atau hukuman e)Guru menjelaskan materi yang belum dipahami oleh siswa f) Menggunakan media pembelajaran g)merangkum suatu bacaan diantaranya: (membuat catatan yang baik, menyusun rangkuman belajar yang lengkap, membuat laporan) h)memberikan Ulangan. (3)Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan bertanya siswa adalah: a)memberi motivasi b)menggunakan metode diskusi c)memberikan sanksi d)menggunakan metode yang bervariasi e)memberikan pujian f)membuat siswa terlibat langsung dalam pembelajaran g)menggunakan metode tanya jawab
Tidak tersedia versi lain