Text
Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Berbahasa Bagi Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri
ABSTRAK
ARLINATU ZUMAROH, Dosen Pembimbing NINIK ZUROIDAH, M.Si dan AHMAD TAUFIQ, S.Ag , M.Si : Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Berbahasa Bagi Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam , Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Membaca Permulaan.
Pendidikan Berbahasa di Taman Kanak – Kanak adalah untuk menanamkan pengetahuan, ketrampilan,dan pembiasaan-pembiasaan nilai dan sikap . Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk melatih kemampuan membaca permulaan salah satu dasar dari kemampuan ketrampilan yang harus dilatihkan dan ditingkatkan dalam kegiatan membaca permulaan bagi anak usia dini / Taman Kanak-Kanak disekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menggunakan strategi Media gambar untuk melatih kemampuan membaca permulaan pada siswa. Ada beberapa pendekatan pembelajaran yang berdasar pada psikologi kognitif siswa, salah satunya adalah strategi pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan kartu/media gambar.
Apakah strategi pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa apabila diterapkan dalam kegiatan pembelajaran membaca permulaan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diadakanlah penelitian tentang strategi Media gambar untuk melatih kemampuan membaca permulaan pada siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK Negeri Pembina Bawang Kec. Pesantren Kota Kediri selama sepuluh jam pelajaran. Materi yang dipilih adalah membaca permulaan dengan media gambar 4 huruf dan 6 huruf. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode test. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa,dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif prestasi siswa. Metode tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test. Pre¬-test digunakan untuk mengukur kemampuan analisis siswa sebelum diberi perlakuan dan post-test dilakukan untuk mengukur kemampuan membaca permulaan melalui strategi pembelajaran dengan menggunakan kartu/media gambar. Untuk menganalisis data yang diperoleh Setelah diuji dengan menggunakan tes diketahui bahwa nilai post-test lebih baik dari nilai pre-test.
Temuan Penelitian : Hal itu berarti hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya strategi Media gambar membaca permulaan disekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa strategi Media gambar untuk melatih kemampuan membaca permulaan efektif untuk meningkatkan keamampuan membaca permulaaan pada anak usia TK.
Tidak tersedia versi lain