Text
Penggunaan Media Kartu Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelompok B TK ABA Sobo Desa Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
SITI KHORIDAH, Dosen Pembimbing Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag. dan Salma Sunaiyah, S.Ag., M.Pd.: “Penggunaan Media Kartu Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelompok B TK ABA Sobo Desa Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Kata Kunci : media kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung
Prestasi belajar merupakan penguasaan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh siswa yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru. Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling terkait, yang salah satunya yaitu media. Di sini menggunakan media kartu angka yang mana anak didik agar tidak bosan serta pengembangan kemampuan berhitung anak. Penelitian ini difokuskan pada: 1. Bagaimana langkah-langkah penggunaan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung di TK ABA Sobo Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri? 2. Apakah media kartu angka dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak?
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk memperoleh data, penulis menggunakan metode wawancara, dokumen, observasi, dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media kartu angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak hasil siklus I 40% sehingga dinyatakan belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai siklus II mencapai 60% sehingga dinyatakan belum mencapai ketuntasan belajar. Dan nilai siklus III mencapai 93,33% sehingga dinyatakan sudah mencapai ketuntasan belajar, dengan jumlah siswa 15 anak.
Faktor yang mendukung proses pembelajaran dengan penerapan media kartu angka di antaranya: 1. Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran, 2. Siswa mudah diatur dan diarahkan, 3. Guru sangat antusias terhadap pembelajaran dengan menggunakan media kartu angka. Selanjutnya, faktor yang menghambat di antaranya: 1. Proses adaptasi para siswa terhadap proses pembelajaran membutuhkan waktu yang agak lama, 2. Setiap siklus pada pertemuan siswa kurang semangat, 3. Tingkat keanekaragaman kemampuan intelegensi yang dimiliki oleh siswa.
Tidak tersedia versi lain