Text
Kompetensi Guru DalamPengembangan Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kota Kediri
ABSTRAK
AININ ALKHURNI, 2014. Dosen Pembimbing Drs. Iskandar Tsani, M.Ag dan Ninik Zuroidah,M.Si : Kompetensi Guru DalamPengembangan Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, penilaian afektif, Akidah Akhlak
Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efekti, penilaian afektif adalah proses memberikan atau menentukan terhadap hasil belajar tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Akidah Akhlak adalah suatu sikap yang melekat pada jiwa dan menjadi kepribadian, dari situlah memunculkan perilaku/ perbuatan yang spontan, mudah, tanpa dibuat- buat dan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Sebagaimana di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri kompetensi penilaian sangatlah penting. Untuk itu yang menjadi fokus penelitian skripsi, yaitu: sebagai berikut: 1). Bagaimana Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri? 2). Bagaimana Implementasi Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri? 3). Apa Faktor Penghambat dan Pendukung Peniliaian Afektif Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojoroto Kediri?
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam hal penelitian ini, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang kemudian data tersebut dianalisis dengan melihat reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik pemeriksaan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian di MTsN Mojoroto Kota Kediri dapat disimpulkan bahwa 1). Pelaksanaan penilaian afektif Akidah Akhlak di MtsN Mojoroto Kediri meliputi kegiatan evaluasi, sasaran atau obyek penilaian serta teknik penilaian. Kegiatan penilaian afektif Akidah Akhlak di MTsN Mojoroto Kediri dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif. Adapun yang menjadi sasaran atau obyek penilaian Akidah Akhlak Cuma mencakup satu ranah saja yaitu afektif. Sedangkan teknik penilaian yang digunakan oleh Guru Akidah Akhlak dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu teknik tes dan teknik non tes meskipun lebih cenderung kepada teknik non tes dikarenakan menilai pada ranah afektifnya saja. 2). Guru Akidah Akhlak kelas VII dan VIII di MTsN Mojoroto Kediri sudah memilki kompetensi yang cukup baik dalam melaksanakan kegiatan penilaian pembelajaran di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan dan keahlian para guru dalam melaksanakan kegiatan penilaian pembelajaran sudah sesuai dengan prosedur atau langkah- langkah dan teknik- teknik penilaian pendidikan. Kompetensi guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan kegiatan penilaian tersebut dimulai dari merumuskan perencanaan penilaian, menyusun soal tes mengolah dan menganalisis hasil tes yang kemudian dilanjutkan dengan menginterpretasi serta menindaklanjuti hasil dari penilaian. 3). Faktor pendukung dan penghambat penilaian afektif di MtsN Mojoroto Kediri dilihat dari aspek internal yaitu motivasi siswa, minat siswa dan sarana prasarana sedangkan dari aspek eksternal yaitu dukungan dari orang tua siswa, motivasi guru dalam mengajar, lingkungan sosial sekolah
Tidak tersedia versi lain