Text
Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Sgama Islam di SMA Negeri 1 Puncu Kediri
ABSTRAK
YAUMIL ARAFAH, Dosen Pembimbing H.Ilham Thohari, SH. M. HI dan Wahidul Anam, M. Ag; Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Sgama Islam di SMA Negeri 1 Puncu, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tarbiyah, STAIN Kediri, 20014.
Kata Kunci: Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI.
keprofesionalan guru adalah seorang tenaga pendidik yang mendapatkan keahlian khusus, sehingga orang tersebut tersebut diberi status dalam suatu pekerjaan dan memperoleh hak, kewajiban serta tanggung jawab. Fokus penelitiian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMA Negeri 1 Puncu Kediri ? 2) Apa upaya dan tehnik yang dipakai oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Puncu Kediri?. Sedangkan tujuan dari penelitiaan ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi yang di lakukan oleh kepala sekolah di SMA Negeri 1 Puncu Kediri ? 2) Untuk mengetahui upaya dan teknik yang di pakai kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMA Negeri 1 Puncu Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data ini di peroleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data tersebut di analisis data di lakukan dengan reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data di lakukan dengan wawancara dan observasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: 1) Profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Puncu Kediri yaitu sebagian besar mereka profesional dan hanya sebagian kecil yang belum. Jadi untuk menjadikan mereka agar lebih profesional , maka diperlukan adanya pembinaan-pembinaan bagi guru Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh kepala sekolah. 2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam antara lain:Pembinaan keilmuan guru, Pembinaan strategi pengajaran, yaitu dengan cara membantu guru Pendidikan Agama Islam dalam pembuatan perangkat pembelajaran, membantu guru dalam pemilihan dan penerpan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar, dan mengenai cara memanfaakan sumber dan media pembelajaran, baik yang ada dalam kelas maupun yang ada di luar kelas (mushola sekolah). Pembinaan kode etik guru Pendidikan Agama Islam, yaitu bahwa, kepala sekolah dapat di jadikan teladan bagi mereka yang dipimpinnya, dengan cara datang lebih awal dari anak buahnya, berpenampilan rapi dan sopan, dan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi dalam profesinya.
Tidak tersedia versi lain