Text
.: Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas XI SMAN 3 Kediri.
ABSTRAK
M. ZAINAL ANAM, Dosen Pembimbing Dr.H. Syamsul Huda, M.Ag. dan Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I.: Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas XI SMAN 3 Kediri.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Kegiatan Ekstrakurikuler, BTQ
Pendidikan dapat menjadi tolak ukur bagi kemajuan dan kualitas kehidupan suatu bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa kemajuan suatu bangsa dapat dicapai salah satunya adalah dengan melalui pembaharuan penataan pendidikan dengan baik. Pokok pertama materi pendidikan agama islam pada dasarnya adalah al-Qur’an.Sebagai pokok agama,al-Qur’an memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan tingkah laku manusia atau pembentukan akhlak yang mulia. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya al-quran di tingkat sekolah umum (SMA )sangatlah minim.Banyak peserta didik yang buta aksara tentang al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimanakah Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas XI di SMAN 3 Kediri 2) Bagaimanakah Pelaksanaan Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas XI di SMAN 3 Kediri. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an(BTQ) Siswa Kelas XI di SMAN 3 Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas XI di SMAN 3 Kediri, (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas XI di SMAN 3 Kediri (3)Mendeskripsikan Faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an(BTQ) Siswa Kelas XI di SMAN 3 Kediri.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif (study kasus) yaitu mempunyai ciri-ciri anatara lain: latar alami, peneliti sebagai instrumen kunci, dan penelitinya bersifat penilitian yang bersumber dari adanya masalah. Dalam mengumpulkan data yang di peroleh melalui observasi, wawancara. Dimana kedua komponen ini merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh keterangan yaitu BTQ di SMAN 3 Kediri dilakukan dengan cara belajar Klasikal, yaitu model pembelajaran yang memposisikan siswa sebagai subjek, dan guru sebagai pembimbing. Peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur’an dengan program BTQ dapat dikatakan berhasil, sebelumnya banyak yang buta baca tulis al-Qur’an tapi sekarang tidak ada.
Kesimpulan skripsi ini yaitu: (1). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas XIdi SMAN 3 Kediri. Pengembangan bahan ajar dan materi pelajaran di tingkat SMA Meliputi 5 aspek yakni fiqih, tauhid, akhlak, alqur’an,dan SKI (2) Pelaksanaan Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an(BTQ) Siswa Kelas XIdi SMAN 3 Kediri.(3). Faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an(BTQ) Siswa Kelas XI di SMAN 3 Kediri
Tidak tersedia versi lain