Text
Penggunaan Metode Diskusi Panel Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kediri
ABSTRAK
ULFA RIFQIYAWATI CHUMAIROK, Dosen Pembimbing Dr.Hj. Munifah, M.Pd. dan Imron.Muzaki, M.Psi.: Penggunaan Metode Diskusi Panel Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Metode Diskusi Panel, Kejenuhan Belajar, Aqidah Akhlak
Pendidikan dapat menjadi tolak ukur bagi kemajuan dan kualitas kehidupan suatu bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa kemajuan suatu bangsa dapat dicapai salah satunya adalah dengan melalui pembaharuan penataan pendidikan dengan baik, serta metode mengajar yang baik.Dengan adanya metode, pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Salah satunya yaitu metode diskusi panel pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 1 kediri. Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimanakah Kejenuhan Belajar di MTsN 1 Kediri. 2) Bagaimanakah penggunaan Metode Diskusi Panel dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar di MTsN 1 Kediri. 3) Apa Saja faktor Pendukung dan Penghambat Penggunaan Metode Diskusi Panel dalam Mengatasi kejenuhan belajar Mata pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kediri.Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui Kejenuhan Belajar di MTsN 1 Kediri, (2) Mengetahui Penggunaan Metode Diskusi Panel dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kediri (3) Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dari Penggunaan Metode Diskusi Panel dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kediri.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif (study kasus) yaitu mempunyai ciri-ciri anatara lain: latar alami, peneliti sebagai instrumen kunci, dan penelitinya bersifat penilitian yang bersumber dari adanya masalah. Dalam mengumpulkan data yang di peroleh melalui observasi, wawancara. Dimana kedua komponen ini merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh keterangan yaitu Kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa di MTsN 1 Kediri merupakan wujud dari melemahnya kondisi mental, intelektual, fisik, dan psikis anak.Untuk mengatasi hal ini , guru aqidah akhlak menerapkan metode yaitu metode diskusi panel agar semua siswa khusunya kelas VIII ketika menerima pelajaran aqidah akhlak semua dapat menerima dengan baik.
Adapun kesimpulan skripsi ini yaitu: (1). Kejenuhan Belajar Siswa di MTsN 1 Kediri. Kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa di MTsN 1 Kediri merupakan wujud dari melemahnya kondisi mental, intelektual, fisik, dan psikis anak.(2) Penggunaan Metode diskusi panel dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa kelas VIII di MTsN 1 Kediri .(3). Faktor Pendukung dan Penghambat Penggunaan Metode Diskusi Panel dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kediri
Tidak tersedia versi lain