Text
Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Qowaid Bahasa Arab dengan Media Audio-Visual berbasis Macromedia Flash di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
MOH. LATIFUL UMAM (932107310) Dosen Pembimbing Muhammad Yasin, M.Ag dan Ahmad Taufik, M.Si “Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Qowaid Bahasa Arab dengan Media Audio-Visual berbasis Macromedia Flash di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014”, Skripsi, Program S.1 Jurusan Tarbiyah STAIN Kediri Prodi Pendidikan Agama Islam Tahun 2014.
Kata Kunci : Pemahaman siswa, qowaid Bahasa Arab, media audio-visual
Bahasa Arab merupakan ilmu alat yang bisa mendukung bahkan menjadi syarat utama untuk memahami ajaran Islam yang tertuang dalam Al-Qur’an, Hadits, dan ilmu-ilmu keislaman lainya. Agar mengalami kemudahan dalam memahaminya, maka pengemasan dalam penyajian melalui media pembelajaran sangat dibutuhkan peserta didik. Dengan itu peneliti menawarkan media pembelajaran berbentuk audio-visual yang berbasis macromedia flash sebagai media yang dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi qowaid Bahasa Arab yang bermacam-macam variasi penjelasan didalamnya. Maka peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap Qowaid Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014, dan media audio-visual berbasis macromedia flash dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap qowaid Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindak kelas (PTK). Berdasarkan pengamatan observasi peneliti ada fenomena hambatan-hambatan atau kurang optimlanya pembelajaran qowaid Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014 sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1). Observasi, (2). Wawancara, (3). Tes, (4). Dokumentasi. Dan teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, paparan datan dan penyimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut, 1) Pemahaman siswa MAN 3 Kediri terhadap qowaid Bahasa Arab masih rendah sebelum diterapkan media Audio-Visual berbasis macromedia flash. 2) Media audio visual sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap qowaid Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Hal ini berdasarkan hasil yang diperoleh pada tes kemampuan ditahap pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 67,9 dan siswa yang tuntas adalah 55,56%. Kemudian pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 69,3 dan siswa yang tuntas 63,88%. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 80,41. Dan jumlah siswa yang tuntas adalah 94,4%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual pada materi qowaid Bahasa Arab kelas XI dapat meningkatkan pemahaman siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri
Tidak tersedia versi lain