Text
Meningkatkan budaya islami melalui metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun semester II TK Kusuma Mulia Wonorejo Ngadiluwih Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
SITI KHOMARIYAH, Dosen Pembimbing DR.Hj. Munifah, M.Pd dan Wahidul Anam, M.Ag,: Meningkatkan budaya islami melalui metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun semester II TK Kusuma Mulia Wonorejo Ngadiluwih Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci : Budaya Islami, Metode bermain Peran
Berdasarkan hasil diskusi perencanaan penelitian untuk memecahkan masalah tersebut maka peneliti menetapkan alternatif tindakan untuk meningkatkan budaya Islami yang dapat mendorong motivasi keterlibatan siswa dan ketrampilan guru. Maka peneliti menggunakan metode bermain peran.. Permasalahan yang terjadi adalah cara atau metode yang kurang tepat dilakukan dalam melakukan proses pembelajaran selama ini untuk meningkatkan budaya Islami sekaligus memenuhi kebutuhan belajar anak sebagai bekal untuk kehidupannya kelak.
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui proses pelaksanaan metode bermain peran dalam meningkatkan budaya Islami anak usia 4-5 tahun Semester II di Kelompok A1 TK Kusuma Mulia Wonorejo Ngadiluwih Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. 2. Untuk mengetahui budaya Islami anak di Kelompok A1 TK Kusuma Mulia Wonorejo Ngadiluwih Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. 3. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan budaya Islami anak usia 4-5 tahun Semester II di Kelompok A1 TK Kusuma Mulia Wonorejo Ngadiluwih Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah menggunakan metode bermain peran.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan demikian, penelitian ini sifatnya berbasis kelas, yakni penelitian yang dilakukan dengan melibatkan komponen yang ada di dalam kelas, meliputi siswa, materi pembelajaran, dan strategi pembelajaran yang terangkum dalam proses belajar mengajar di kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 tahun di Kelompok A1 TK Kusuma Mulia Wonorejo di jalan Raya Kolak Desa Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dengan jumlah anak 24 yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 12 anak perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia 4-5 tahun semester 2 di TK Kusuma Mulia Wonorejo Tahun pelajaran 2013/2014. Hal tersebut ditandai dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan kecerdasan spiritual pada kondisi awal sebesar 38%, siklus I sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 83%. Sehingga prosentase kenaikan dari pra siklus (kondisi awal) ke siklus I adalah 15% dan prosentase kenaikan dari siklus I ke siklus II adalah 20%.
Tidak tersedia versi lain