Text
Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Siswa Kelompok B TK Kusuma Mulia Sidomulyo 1 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri
ABSTRAK
ANI RUSDIANA FATIM, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Rois. MA dan Saifullah, M. Ag, Skripsi, Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Siswa Kelompok B TK Kusuma Mulia Sidomulyo 1 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Metode Index Card Match, Kemampuan Membaca, Huruf Hijaiyah
Masa Kanak-kanak yang di sebut usia emas atau golden age , adalah “masa-masa paling penting anak yang tidak bisa diulang”. Pada masa ini, kemampuan otak anak untuk menyerap informasi sangat tinggi. Adapun informasi yang diberikan akan berdampak bagi si anak di kemudian hari. Di masa inilah, peran orang tua dituntut untuk bisa mendidik dan mengobtimalkan kecerdasan anak baik secara intelektual, emosional dan spiritual. Usia tersebut merupakan waktu yang ideal bagi anak untuk mempelajari berbagai macam ketampilan, membentuk kebiasaan-kebiasaan yang akan berpengaruh pada masa-masa kehidupan selanjutnya, dan memperoleh konsep-konsep dasar untuk memahami diri dan lingkungan sekitar. Pendidikan dan pemahaman akidah pada masa kecil merupakan sesuatu hal yang utama, karena pada masa ini merupakan pondasi dari seseorang untuk menjadi muslim sejati atau tidak. Materi pendidikan agama islam di taman kanak-kanak sudah sepatutnya untuk dilaksanakan tentunya dengan metode-metode dan strategi, karena dengan metode atau strategi anak-anak lebih merasa senang dalam belajar, lebih mudah menghafal materi dan nantinya akan di apresiasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan penelitian adalah 1) Bagaimana penerapan metode Index Card Match pada prose pembelajaran membaca huruf hijaiyah siswa kelompok B di TK Kusuma Mulia Sidomulyo I? 2) Apakah dengan menggunakan metode Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa kelompok B di TK Kusuma Mulia Sidomulyo I.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus atau lebih dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) 1. Penggunaan metode Index Card Match dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah yaitu dengan menggunakan Kartu Gambar yang bertuliskan kata nama gambar tersebut dalam bahasa Indonesia dan huruf hijaiyah, dalam penelitian ini menggunakan empat kartu yang berarti empat kata huruf hijaiyah dengan cara menunjukkan terlebih dahulu kartu dan meminta anak menyebutkan nama gambar dalam bahasa anak sendiri, kemudian guru mengucapkan huruf hijaiyah yang kemudian diikuti oleh semua anak, diucapkan secara berulang ulang, pembelajaran ini membuat anak antusias dan aktif dalam meniru mengucapkan huruf hijaiyah, sehingga anak mudah mengingat kata huruf hijaiyah tersebut serta dapat mengucapkan kembali secara urut. 2. Penggunaan model pembelajaran teknik Index Card Match dapat meningkatkan pembelajaran membaca huruf hijaiyah siswa Kelompok B TK Kusuma Mulia Sidomulyo 01 Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata perolehan skor hasil evaluasi dan rata-rata jumlah siswa yang mengalami ketuntasan dari pra siklus sebanyak 6 siswa atau (22%), sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 15 anak atau (55%) dan siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 22 anak atau (81%).
Tidak tersedia versi lain