Text
Studi Komparasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 Mojo Kediri Antara yang Tinggal di Pondok Pesantren dan di Luar Pondok Pesantren
ABSTRAK
Aqilatul Fuadah, 2010 Studi Komparasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 Mojo Kediri Antara yang Tinggal di Pondok Pesantren dan di Luar Pondok Pesantren. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing I Drs. Moh. Rois, MA. Pembimbing II Dr. Mu’awanah, M.Pd.
Kata Kunci: Studi Perbandingan, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Belajar merupakan sebuah proses berkelanjutan yang harus dilakukan oleh seorang individu untuk mengadakan perubahan dalam dirinya. Proses ini bisa melalui interaksi antar individu, kelompok, lingkungan ataupun bisa membuat seseorang untuk dapat mengarah kepada sebuah perubahan. Belajar tidak hanya dilakukan di pendidikan formal saja, belajar juga bisa dilakukan melalui pendidikan non-formal, seperti pondok pesantren, madrasah salafiyah, atau lembaga-lembaga non formal yang menyediakan bidang jasa dalam pendidikan.
Dari latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu:1) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa SMPN 1 Mojo Kediri yang tinggal di pondok pesantren? 2) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa SMPN 1 Mojo Kediri yang tinggal di luar pondok pesantren? 3) Adakah perbedaan prestasi belajar PAI siswa SMPN 1 Mojo Kediri yang tinggal di pondok pesantren dan yang tinggal di luar pondok pesantren?
Penelitian ini bersifat komparatif yang bertujuan untuk membandingkan tingkat prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara yang tinggal di pondok pesantren dan tidak. Sampel penelitian berjumlah 181 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren dari kelas VIII SMP Negeri 1 Mojo Kediri dan diambil secara random sampling dan dilengkapi dengan hasil dokumentasi terhadap semua data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Analisis data statistik menggunakan rumus uji independent samples t test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa yang tinggal di pondok pesantren tergolong Baik dengan hasil nilai raport yang hasil rata-ratanya yaitu 87.8182.2) prestasi belajar siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren tergolong Baik dengan rata-ratanya yaitu 82.8905.Terdapat perbedaan prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 1 Mojo Kediri yang tinggal di pondok pesantren dan di luar pondok pesantren diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.005 maka digunakan hasil analisis yang dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Ha : Ada perbedaan prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 1 Mojo Kediri yang tinggal di pondok pesantren dan di luar pondok pesantren. Ho : Tidak ada perbedaan prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 1 Mojo Kediri yang tinggal di pondok pesantren dan di luar pondok pesantren.
Tidak tersedia versi lain