Text
Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru (Studi Kasus di SMKN Kertosono),
ABSTRAK
ELFIRA RISA HERMINKA, Dosen Pembimbing Prof.Dr.H. Nur Ahid, M.Ag dan Moh.Zainal Fanani,M.Ag: Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru (Studi Kasus di SMKN Kertosono), Pendidikan Agama Islam, STAIN Kediri, 2014
Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peningkatan Prestasi Kerja Guru.
Kepala sekolah adalah seorang pemimpin yang memegang peranan penting dalam perkembangan sekolah, maka seorang kepala sekolah dituntut untuk selalu berusaha neningkatkan kualitas pendidikan yang ada. Untuk itu perlu diketahui model kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah. Dalam penelitian ini akan mengangkat sebuah tema dengan judul upaya kepala skekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru (studi kasus SMKN Kertosono). Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah SMKN Kertosono dalam meningkatkan prestasi kerja guru? 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru? 3) Kendala apa saja yang dihadapi oleh kepala sekolah SMKN Kertosono? 4) Faktor apa saja yang menjadi pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru.2) untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru.3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah SMKN Kertosono dalam meningkatkan prestasi kerja guru. 4)Untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan kualitatif yang mana menggunakan metode wawancara, observasi dan dilanjutkan dengan analisa dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh . Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa kepala sekolah menggunakan model pemimpin yang demokratik, model kepemimpinan dan model otokratik, pemimpin yang partisipatif.Sedangkan kendala yang di hadapi yaitu sulitnya guru untuk mengikuti seminar. Dan faktor yang menjadi pendukung kepala sekolah yaitu antara pendidik dan peserta didik saling berkesinambungan dalam menjalankan kinerjanya.
Tidak tersedia versi lain