Text
Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Siswa Kelompok B TK Barokah Purwodadi Kras Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
RINI RETNANI, Dosen pembimbing Drs. MOH. ROIS, MA dan Muhamad Yasin, MPd. : Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Siswa Kelompok B TK Barokah Purwodadi Kras Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata kunci: Motorik Halus, Kolase.
Kegiatan kolase atau menempel bagi anak-anak adalah suatu kegiatan yang menyenangkan, karena kegiatan kolase sama halnya dengan bermain.Pelajaran ketrampilan dan kesenian bagi anak usia dini sangatlah penting karena pelajaran kesenian tidak hanya mendorong ekspresi diri dan imajinasi anak, akan tetapi juga menyenangkan bagi anak maupun guru. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan kolase dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik halus siswa dan apakah kegiatan kolase ini dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswakelompok B TK Barokah Purwodadi Kras Kediri.
Kolase adalah kegiatan menempel kedalam bentuk gambar yang telah di tentukan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Barokah sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Pada siklus I penelitian dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2014 dengan menggunakan bahan/material kulit batang pisang kering, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal22 Februari 2014 dengan bahan/ material biji-bijian dan crayon..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus meningkat dengan mengamati hasil pembelajaran siswa yang mengalami peningkatan prosentase yaitu pada siklus I prosentase sebesar75% dan mengalami peningkatan menjadi 95% pada siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini dilihat dari beberapa aspek yang meliputi :
• Aspek sosial :
a. Anak akan belajar sabar dan menghargai waktu.
b. Pengalaman dalam kolase menambah pengetahuan anak bahwa disekitar kita banyak benda yang dapat dimanfaatkan untuk dibuat alat permainan yang menyenangkan.
• Aspek Fisik Motorik :
a. Anak belajar mengurus dirinya sendiri setelah melaksanakan kegiatan kolase.
b. Melatih koordinasi otot besar dan otot kecil dalam kegiatannya.
• Aspek Kognitif :
a. Anak belajar mengenal pola sesuai dengan berbagai ciri-ciri tertentu : proporsi, warna dan bentuk,
Tidak tersedia versi lain