Text
Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas VII SMP Negeri 7 Kediri Tahun Ajaran 2013/2014
ABSTRAKSI
LUTFI ROHMATUL ULA (9321 135 10), Dosen pembimbing Prof. Dr. H. NUR AHID, M.Ag dan Moh.ZAINAL FANANI, M.Pd.I : Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas VII SMP Negeri 7 Kediri Tahun Ajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Implementasi Ekstrakurikuler (BTA), Prestasi, Pendidikan Agama Islam (PAI).
Banyaknya siswa SMP Negeri 7 Kediri yang tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur’an. Hal ini merupakan kendala dalam belajar Pendidikan Agama Islam, sejalan dengan fungsi dan perananya, sekolah adalah tempat yang strategis untuk belajar dengan mengadakan bimbingan di luar kelas yaitu Ekstrakurikuler BTA yang bertujuan untuk meningkatkan kepahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI, karena keduanya saling berhubungan atau sama-sama mempelajari Baca Tulis Al-Qur’an. Maka dari itu siswa yang tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur’an akan kesulitan dalam memahami materi PAI khusunya kompetensi Baca Tulis Al-Qur’an yang akan berdampak pada tinggi rendahnya prestasi. Fokuskan penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 7 Kediri ?, Bagaimana Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an untuk meningkatkan Prestasi siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Kediri ?, dan Apa Faktor Penghambat dan Pendukung dalam pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 7 Kediri ?
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskripsi berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati oleh orang-orang atau (subjek) itu sendiri. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: Pada pembelajaran PAI pada semester I siswa yang nilai kurang dari KKM ada 92 siswa atau 25 % siswa, itu berati siswa belum bisa Baca Tulis Al-Qur’an dengan benar. Upaya yang dilakukan oleh guru PAI SMP Negeri 7 Kediri adalah mengadakan pelajaran tambahan diluar jam pelajaran biasa, yaitu Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an untuk belajar menulis dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Pelaksanaan Kegiatan Ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an dikatakan tuntas telah mampu menunjang atau menaikkan prestasi pelajaran PAI. Siswa yang mengalami peningkatan nilai PAI dari semester I ke semester II ada 260 siswa dari 350 siswa. Siswa yang dulu di semester I nilainya PAI kurang dari KKM ada 92 berkurang menjadi 31 siswa. Hal itu membuktikan bahwa penerapan Kegiatan Ektrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an benar-benar bisa meningkatkan prestasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Kediri.
Tidak tersedia versi lain