Text
Pengaruh Minat Belajar dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 6 Kediri Tahun 2013/2014
ABSTRAK
IIN CASTUTI, Dosen Pembimbing Drs. Iskandar Tsani M.Ag dan Ninik Zuroidah, M.Si.: Pengaruh Minat Belajar dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 6 Kediri Tahun 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Minat Belajar, Konsep Diri, Prestasi Belajar
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran yang sangat penting dalam rangka merealisasikan tujuan pendidikan nasional demi mewujudkan keberhasilan bangsa dan negara. Sekolah juga merupakan tempat berlangsungnya interaksi belajar mengajar, dalam hal proses belajar mengajar terjadi interaksi dan hal-hal yang mempengaruhi prestasi belajar. Hal-hal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah minat belajar. Minat belajar adalah kecenderungan atau keinginan yang tinggi terhadap aktivitas belajar. Di samping minat belajar, aspek lain yang harus diperhatikan berkaitan dengan prestasi belajar siswa yaitu aspek konsep diri. Konsep diri adalah persepsi individu mengenai dirinya sendiri yang terbentuk melalui interaksi dengan lingkungan serta berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan individu tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa SMAN 6 Kediri tahun 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMAN 6 Kediri yang berjumlah 321 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 167 siswa. instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel minat belajar dan konsep diri dengan prestasi belajar siswa SMAN 6 Kediri dan teknik analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel minat belajar dan variabel konsep diri terhadap prestasi belajar siswa SMAN 6 Kediri.
Hasil yang didapat dari penelitian ini berdasarkan analisis regresi sederhana yaitu terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 7% dengan persamaan yang diperoleh dari analisis regresi Y=78,02 + 0,03 X1. Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar sebesar 9% dengan persamaan yang diperoleh dari analisis regresi Y= 77,66 + 0,04 X2. Dan berdasarkan hasil dari analisis regresi berganda terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar dengan persamaan Y= 77,37 + 0,01 X1 + 0,03 X2. Berdasarkan koefisien determinasi minat belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar diketahui bahwa pengaruh minat belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa SMAN 6 Kediri sebesar 10% sedangkan sisanya (90%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang disebutkan di atas.
Tidak tersedia versi lain