Text
Implementasi Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN Wonotengah Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri
ABSTRAK
RIA AGESTY STYA ANGGRAINI, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Rois. MA dan Dr. H. Ilham Tohari, M. HI.: Implementasi Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN Wonotengah Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Pembelajaran koorperatif STAD, Prestasi belajar, PAI
Untuk mencapai prestasi belajar yang baik bagi siswa, guru perlu mengguanakan metode-metode baru yang dapat meningkatkan semangat dan prestasi belajar siswa. Namun pada kenyataannya guru masih menggunakan metode mengajar klasik yaitu dengan metode ceramah sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan dan kurang antusias terhadap pelajaran PAI. Untuk itu peneliti mengadakan penelitian dengan rumusan masalah : 1). Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Cooperative Learning Metode STAD dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Pembiasaan Perilaku Terpuji siswa SDN Wonotengah Kec. Purwoasri Kab. Kediri? 2). Apakah penerapan pembelajaran Cooperative Learning Metode STAD dapat meningkatkan Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Pembiasaan Perilaku Terpuji siswa SDN Wonotengah Kec. Purwoasri Kab. Kediri? Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran STAD pada mata pelajaran PAI siswa SDN Wonotengah Kec. Purwoasri Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. 2). Untuk menjelaskan dapat atau tidaknya implementasi pembelajaran STAD pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SDN Wonotengah Kec. Purwoasri Kab. Kediri Tahun pelajaran 2013/2014.
Subyek penilitian adalah siswa kelas IV SDN Wonotengah Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri yang jumlah siswanya 17 orang, Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi selama pembelajaran. Penelitian di laksanakan selama 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari data yang di peroleh hasil pembelajaran PAI kelasa IV di SDN Wonotengah Kecamatam Purwoasri Kabupaten Kediri belum mencapai target KKM hanya masih 58% target yang di harapkan mencapai 75%.
Hasil penelitian di peroleh sebagai berikut : Kualitas keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 60,9% sedangkan siklus II adalah 84,6%. Nilai rata-rata siswa secara klasikal pada prasiklus adalah 66,1, pada siklus I adalah 73,5 sedangkan pada siklus II adalah 81,7. Prosentasi siswa yang memenuhi KKM pada prasiklus adalah 58,8%,pada siklus I adalah 76,4 sedangkan pada siklus II adalah 88,2%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat di simpulkan kualitas keterlaksanaan pembelajaran,keaktifan siswa,rata-rata nilai siswa, nilai siswa yang memenuhi target KKM dapat meningkat melalui pembelajaran koorperatif model STAD. Guru di harapkan untuk melakukan penelitian model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan hasil prestasi PAI.
Tidak tersedia versi lain