Text
Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri Tahun 2013 / 2014.
ABSTRAK
RIZKI NUR ZAM ZAMI, Dosen Pembimbing: Drs. MOH. IRFAN BURHANI, M.Psi, dan IMRON MUZAKKI, M.Psi: Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Hubungan Kecerdasan Emosi, Prestasi Belajar
Kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, memgenali emosi orang lain (empati), dan kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain. Maka kecerdasan emosi tidak kalah pentingnya dengan kecerdasan intelektual karena dengan anak mempunyai kelima aspek kecerdasan emosi pada dirinya. Prestasi belajar adalah apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar atau ada juga yang menyebutkan dengan istilah hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar, adapun secara rinci tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kecerdasan emosi siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri Tahun 2013 / 2014. (3) Untuk mengetahui adakah hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri tahun 2013/ 2014. Sedangkan rumusan masalah adalah: Bagaimana kecerdasan emosi siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri? Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri Tahun 2013/2014? Adakah hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri Tahun 2013/2014?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri tahun 2013/2014 yang berjumlah 356 siswa. Sampel yang digunakan berdasarkan pedoman tabel kreacjie adalah 186 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan tenik classter random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan teknik produk moment.
Dalam penelitian ini terdapat tiga temuan, yaitu : (1) Berdasarkan hasil penelitian, kecerdasan emosi siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 115,61 yang dapat dikategorikan baik berdasarkan interpretasi real score. (2) Prestasi belajar siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo Kediri diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 79,86 yang dikategorikan baik berdasarkan pedoman nilai rapot. (3) Tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa di UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis nilai Sig. = 0,537 yang lebih besar dari 0,05 dengan pearson correlation -0,046
Tidak tersedia versi lain