Text
Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada SMPN 3 Wates Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAKS
AYU NING WULAN, Dosen Pembimbing, Prof. Dr. Nur Ahid, M. Ag dan Dra. Fartika Ifriqia, M.Pd., Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada SMPN 3 Wates Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar
Minat belajar adalah kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus. Sedangkan prestasi belajar siswa adalah hasil nilai siswa yang dicapai dalam proses pembelajaran yaitu nilai hasil belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) Bagaimanakah minat belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Wates; 2) Bagaimanakah prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Wates; dan 3) Adakah pengaruh minat belajar pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Wates.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 222 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 3 Wates, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wates. Teknik yang penulis gunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya yaitu menggunakan analisis korelasi kendall`s tau untuk mengetahui adanya pengaruh variabel X (minat belajar) terhadap variabel Y (prestasi belajar).
Berdasarkan analisis korelasi Kendall`s Tau diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.001 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% . dengan demikian dapat diketahui Hipotesis Nihil (Ho) ditolak sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wates tahun pelajaran 2013/2014. Dan berdasarkan analisis regresi variabel minat belajar terhadap variabel prestasi belajar diperoleh nilai R square atau nilai koefisien korelasi sebesar 0.079. dalam hal ini berarti dapat diketahui bahwa 7.9% prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wates tahun pelajaran 2013/2014 dipengaruhi oleh minat belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain
Tidak tersedia versi lain