Text
Penerapan Model-Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI dan Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTsN Kanigoro),
ABSTRAK
Ririn Suciati, DosenPembimbing I BapakWahidulAnam, M.Ag dan Dosen Pembimbing II Bapak Dr. H. Ilham Thohari, SH. MHI: Penerapan Model-Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI dan Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTsN Kanigoro), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi Belajar Siswa
Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau lingkungan yang mendukung yang memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Metode pembelajaran yangdigunakan guru pada saat ini masih banyak yang menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa kehilangan motivasi belajar, yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Tetapi lain halnya di MTsN Kanigoro, para guru SKI dan Akidah Akhlak sudah menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang tujuannya adalah meningkatkan prestasi belajar siswa.Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: 1). Apa saja model-modelpembelajaranberbasisContextual Teaching and Learning (CTL) yang diterapkan di MTsNKanigoropadamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak? 2). BagaimanaprestasibelajarsiswaMTsNKanigorodenganstrategiContextual Teaching and Learning (CTL)padamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak? 3). Apa sajafaktorpendukungdanpenghambatdalammenerapkanstrategiContextual Teaching and Learning (CTL) dalammeningkatkanprestasibelajarsiswaMTsNKanigoropadamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,sedangkanjenispenelitian yang digunakanadalahstudikasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1)Penerapkanmodel pembelajaranpembelajaranberbasisContextual Teaching and Learning (CTL) padamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak di MTs NegeriKanigoromeliputibeberapakomponendiantaranyakomponenbertanya, komponen inquiry, komponenmasyarakatbelajar (learning community), komponenrefleksi, dankomponenpenilaian yang sebenarnya (authentic assesment). 2) Penerapan model-model pembelajaranberbasisContextual Teaching and Learning (CTL)dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamatapelajaran SKI danAkidahAkhlak. 3) Faktorpendukungdalammenerapkanstrategi CTL diantaranyatersedianyasaranaprasarana yang memadai, sedangkanfaktorpenghambatdiataranyakurangnyawaktu jam pelajaran, beragamnyakemampuandanmotivasisiswa.
Tidak tersedia versi lain