Text
Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Berdasarkan Latar Belakang Sekolah Di SMAN 1 Plosoklaten Tahun Pelajaran 2013-2014
ABSTRAK
BINTI NUR AFIPAH, Dosen Pembimbing Wahidul Anam, M.Ag, dan Ninik Zuroidah, M.Si.: Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Berdasarkan Latar Belakang Sekolah Di SMAN 1 Plosoklaten Tahun Pelajaran 2013-2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri 2014.
Kata Kunci: Perbedaan, Prestasi Belajar PAI Siswa, dan Latar Belakang Sekolah
Prestasi belajar merupakan penguasaan dan perubahan tingkah laku dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas belajar, yang penilaiannya diwujudkan dalam bentuk nilai atau angka. Prestasi belajar juga bisa diartikan sebagai hasil dari sutau usaha yang telah dikerjakan, dilaksankan, dan sebagainya, baik dilakukan secara individu maupun kelompok yang diperoleh dengan kerja keras. Untuk mencapai prestasi ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, baik dari dalam diri (internal) maupun dari luar diri (eksternal). Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat prestasi belajar siswa dari faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah ini berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut : (relasi) hubungannnya siswa dengan guru, siswa dengan siswa, maupun kurikulum yang ada, serta keadaan lingkungan sekolah. Lingkungan yang mendukung pada proses belajar mengajar, maka prestasi pun akan baik. Begitu juga sebaliknya, jika lingkungan sekolah tidak mendukung, maka prestasi yang didapat pun akan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari perbedaan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI berdasarkan latar belakang sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMAN 1 Plosoklaten yang berjumlah 243 siswa yang muslim, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 142 siswa terdiri dari 115 siswa berlatar belakang sekolah SMP atau lulusan SMP dan 27 siswa berlatar belakang sekolah MTs atau lulusan MTs. Instrumen dan metode yang digunakan adalah dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah uji t test of independent. Uji t test of Independent digunakan untuk menaganalisis apakah ada perbedaan antara dua kelompok data.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa prestasi belajar PAI siswa lulusan SMP tergolong kategori baik, dengan nilai rata-rata (mean) 81,49. Begitu juga prestasi belajar PAI siswa lulusan MTs tergolong baik dengan nilai rata-rata (mean) 81,19. Berdasarkan uji t test of independent didapat kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar dalam pembelajaran PAI berdasarkan latar belakang sekolah di SMAN 1 Plosoklaten Tahun Pelajaran 2013-2014. Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan hasil uji t test of independent bahwa nilai thitung yaitu sebesar 0,156 dan nilai ttabel yaitu t(0,05;142) sebesar 1,977054. Sehingga dapat dilihat bahwa thitung lebih kecil daripada ttabel yaitu 0,156 < 1,977054
Tidak tersedia versi lain