Text
Implementasi metode card short untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan menghafal huruf hijaiyah kelas II di SDN Ngancar III Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
ABSTRAK
MOCHAMMAD BAIDOWI, Dosen pembimbing Dr. MU’AWANAH, M.Pd dan MOH. ZAINAL FANANI, M.Pd.I : Implementasi metode card short untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan menghafal huruf hijaiyah kelas II di SDN Ngancar III Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Kata kunci: metode card short, meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, menghafal huruf hijaiyah.
Keberadaan suatu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilkan out put yang baik, berkualitas, dan bisa diandalkan. Hal ini terlihat salah satunya dengan tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dari sini banyak cara yang diupayakan pihak sekolah agar bisa maju dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus, atau minimal sekolah yang memiliki nilai atau ciri tersendiri dibandingkan sekolah-sekolah lain. Melihat fenomena yang ada, maka peneliti tertarik untuk meneliti keberadaan sekolah tersebut. sehingga dapat penulis paparkan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode card short untuk meningkatkan ptestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan mrnghafal huruf hijaiyah di SDN Ngancar 3 Kec. Ngancar Kab. Kediri. Berdasarkan masalah diatas peneliti menggangap bahwa dengan adanya metode card short dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan menghafal huruf hijaiyah. Adapun rumusan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan metode card short dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan menghafal huruf hijaiyah. 2. Apakah metode card short dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan menghafal huruf hijaiyah siswa kelas II SDN Ngancar 3 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.
Pendekatan penelitian ini mengunakan penlitian kualitatif merujuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengunakan analisis data statistik deskriptif kualitatif yang dilaksanakan oleh peneliti beserta teman sejawat atau kolabolator, untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Peneltian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus siklus pertama pada tanggal 17 Januari 2014 dan siklus kedua pada tanggal 24 Januari 2014, dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi.
Hasil penelitian menggunakan metode card short 1.Setiap siswa diberi kartu yang berisi huruf hijaiyah.Mintalah siswa untuk bergerak dan berkeliling didalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama pada huruf hijaiyah tersebut,dan membiarkan siswa menemukan sendiri. Siswa dengan huruf hijaiyah yang sama diminta untuk mempresentasikan huruf tersebut didepan kelas.Seiring dengan presentasi dari tiap-tiap siswa berikan poin-poin penting terkait dengan menghafal huruf hijaiyah. 2. Berdasarkan hasil tes peneliti terhadap nilai yang
Tidak tersedia versi lain