Text
Implementasi Stretegi Pembelajaran Aktif Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten
ABSTRAK
TSAMROTU QOLBI, 932112610, Dosen Pembimbing Dr. H. ALI ANWAR, M. Ag. dan NOER HIDAYAH, M. Si.: Implementasi Stretegi Pembelajaran Aktif Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten, Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match, Motivasi belajar siswa, PAI
Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten, semester genap Tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X-4, dengan menggunakan metode index card match (mencari jodoh kartu tanya jawab). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 23 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu: 1) Perencanaan (planning). 2) Pelaksanaan tindakan (acting). 3) Pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas dengan fokus menerapkan metode index card match.
Dari data-data observasi yang peneliti dapatkan, dapat diketahui dari konsidi awal bahwasannya di kelas X khususnya kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten terjadi permasalahan dari motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI yang rendah dan jauh dari pencapaian target yang ditetapkan oleh pihak SMA. Dari data penelitian pra siklus dapat diketahui bahwa pembelajaran PAI yang dilaksanakan di kelas X-4 masih menggunakan metode yang klasikal tanpa fariasi yang membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja dan sesekali memberi tugas individu atau kelompok. Dari hal tersebutlah siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, malah gaduh sendiri dan ada yang tidur di kelas pada waktu diadakannya ulangan hasilnya jauh dari yang diharapkan. Dari data penelitian tindakan kelas yang telah peneliti peroleh pada tahap awal/pra siklus, siklus I dan siklus II pada pembelajaran PAI dengan menggunakan metode index card match. Sehingga hasil penelitian membuktikan bahwa dengan mengunakan metode index card match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI, di kelas X-4 SMA Negeri 1 Plosoklaten. Dan berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi, masukan, dan pengetahuan kepada semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri.
Tidak tersedia versi lain