Text
Strategi Kepala Madrasah dalam Optimalisasi Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Kediri 3.
ABSTRAK
M. Erkham Salim. 9.321.059.09. Strategi Kepala Madrasah dalam Optimalisasi Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Kediri 3. Dosen Pembimbing Muhammad Yasin, S.Ag.,M.Pd dan Moh Zainal Fanani, M.Pd.I. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, 2014.
Kata Kunci: Strategi, Komite Madrasah, Mutu Pendidikan
Dalam meningkatkan mutu pendidikan diperlukan peran Komite Madrasah. Keberadaannya yang sangat bermanfaat bagi lembaga pendidikan secara moril maupun materiil dalam peningkatan mutu Madrasah. Komite Madrasah sebagai wadah yang telah dibentuk untuk menjadi penyalur aspirasi masyarakat, orang tua murid serta lingkungan pendidikan sekitarnya. Oleh sebab itu, diperlukan strategi untuk mengoptimalkan peran Komite Madrasah agar menghasilkan peningkatan mutu pendidikan di MAN Kediri 3.Maka (1) Bagaimanakah Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Kota Kediri 3 ? (2) Apa Kontribusi Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Kota Kediri 3? (3) Bagaimanakah Strategi Kepala Madrasah Aliyah Negri 3 Kediri untuk Mengoptimalkan Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Kota Kediri 3 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang yang diteliti, dengan ciri-ciri sebagai berikut: memiliki latar yang alami, manusia sebagai alat pengumpulan data, analisis data secara induktif dan penelitian bersifat diskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Kota Kediri 3 adalah: (a) Komite madrasah sebagai badan pemberi pertimbangan, (b) Komite Madrasah sebagai pendukung setiap program kerja MAN Kota Kediri 3 yang telah dirancang bersama, (c) Komite Madrasah menjadi mediator antara madrasah dan masyarakat dalam pengumpulan dana untuk pengembangan madrasah. (2) Kontribusi komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Kota Kediri 3 adalah (a) membangun ruang kelas sebagai fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar, (b) Pengadaan sarana prasarana madrasah, (c) Peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan guru, (d) Komite madrasah memberikan supervisi secara kelompok dan individu kepada warga madrasah. (3) Strategi kepala madrasah aliyah negeri 3 Kediri untuk mengoptimalkan peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Kediri 3 adalah: (a) Membangun kepercayaan stakeholders, (b) membangun rasa kekeluargaan dengan stakeholders, (c) Memberikan wewenang kepada orang yang berkomitmen.
Tidak tersedia versi lain