Text
Peningkatan Kemampuan Menghafal Angka Melalui Metode Index Cart Match Pada Kelompok “A” Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014
ABSTRAK
ROSIAH, Dosen Pembimbing Drs.Moh. Rois, MA. dan Drs. Iskandar Tsani, M.Ag. : Peningkatan Kemampuan Menghafal Angka Melalui Metode Index Cart Match Pada Kelompok “A” Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci : Menghafal Angka, Metode Index Cart Match.
Kemampuan memahami angka merupakan salah satu kegiatan belajar yang mampu mengembangkan kemampuan dasar matematika di masa tahapan awal perkembangan anak. Pengembangan memahami angka merupakan kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Disini anak dituntut untuk menghafal angka 1-10 dengan tanpa memaksa anak untuk menghafalnya. Kegiatan tersebut bisa dikemas dengan mengajari anak angka yang dipadu dengan suatu permainan yang menarik.dengan bermain anak tidak anak merasa terpaksa untuk belajar. Oleh karena itu menggunakan metode Index Cart Match dalam penerapannya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat keefektifan pengajaran mengenal angka 1-10 dengan menggunakan metode Index Cart Match yang digunakan pada TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Objek tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A-1 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terbatas pada kemampuan memahami angka dengan menggunakan metode Index Cart Match, kerangka pembelajaran yang digunakan adalah Rangkaian Kegiatan Harian (RKH) dan Kartu Gambar.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, yang diperoleh dari hasil tes pada Kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Bangkok Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Metode Index Cart Match yang dapat meningkatkan kemampuan menghafal angka 1-10 dengan cara siswa maju ke depan untuk memasangkan kartu gambar sesuai kartu angka. Dengan menggunakan Metode Index Cart Match, anak dapat mencapai ketuntasan belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketuntasan belajar pada pra siklus 50%, siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 95% (memenuhi standart ketuntasan).
Tidak tersedia versi lain